Kontrol Masyarakat Tingkatkan Kualitas Layanan

Foto bersama dalam kegiatan Forum Konsultasi Publik Standar Pelayanan Perizinan Spektrum Frekuensi Radio, Selasa (23/8/2022).

Solo (SDPPI) - Kualitas layanan publik sangat tergantung pada kontrol yang dilakukan masyarakat terhadap implementasi layanan tersebut. Direktorat Operasi Sumber Daya, sebagai satuan kerja penyelenggara layanan publik dari Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kementetian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), berupaya meningkatkan kualitas layanan melalui forum konsultasi yang melibatkan berbagai elemen masyarakat.

“Peran masyarakat dalam penyusunan standar layanan perizinan spektrum frekuensi radio sangat diperlukan sebagai upaya peningkatan kualitas layanan publik dan kontrol dari masyarakat,” kata Direktur Operasi Sumber Daya Dwi Handoko, saat membuka Forum Konsultasi Publik Standar Pelayanan Perizinan Spektrum Frekuensi Radio, Selasa (23/8/2022).

Kegiatan yang berlangsung di Alila Hotel Solo itu mengundang para pengguna layanan dan pemangku kepentingan di bidang spektrum frekuensi radio (SFR), serta akademisi dan lembaga swadaya masyarakat untuk berpartisipasi secara aktif dalam penerapan dan penyusunan kebijakan penyelenggaraan layanan publik. Direktorat Operasi Sumber Daya menerapkan budaya layanan prima dalam pemberian perizinan SFR dan Sertifikasi Operator Radio kepada masyarakat.

Bentuk kegiatan sejalan dengan amanat Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 90 Tahun 2021 tentang Pembangunan dan Evaluasi Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Instansi Pemerintah. Dalam hal ini, Direktorat Operasi Sumber Daya adalah satuan kerja yang dinilai berdasarkan kedua acuan kebijakan dimaksud.

Forum Konsultasi Publik kali ini, selain membahas 14 komponen standar layanan mengacu kepada Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan, Direktorat Operasi Sumber Daya juga melaksanakan Public Campaign Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) untuk mendukung pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas. Penerapan SMAP ini merupakan salah satu dari upaya inovasi yang berkelanjutan di Direktorat Operasi Sumber Daya untuk selalu memberikan layanan yang berkualitas dan berintegritas bagi masyarakat.

Sebagai bentuk inovasi berkelanjutan di bidang pelayanan publik, pada kesempatan ini, dilaksanakan peluncuran aplikasi mobile (mobile application) Adeya SFR SOR, yakni aplikasi khusus layanan ISR dan Sertifikasi REOR, serta Web Layanan SDPPI. Aplikasi Mobile dan Web layanan diharapkan meningkatkan kemudahan dan kecepatan akses informasi bagi pengguna layanan dan dapat menjadi alternatif pilihan platform media layanan, sehingga semakin mendekatkan Ditjen SDPPI dengan pengguna layanan dan masyarakat.

(Sumber/Foto : Sang Ayu Putu/Farhan, Direktorat Operasi Sumber Daya)

Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `SDPPI Digital Assitant`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `IFaS Fest 2023`