Lewat Infografis, 50 Persen Pesan Sudah Tersampaikan

Sesditjen SDPPI, R. Susanto, saat membuka kegiatan Pelatihan Infografis bagi pegawai Ditjen SDPPI

Jakarta (SDPPI) – Infografis dapat memberikan informasi dengan cepat, menarik, dan mudah diterima oleh masyarakat. Diperlukan pelatihan infografis sebagai satu terobosan dalam menyiapkan informasi bagi masyarakat.

“Infografis itu menurut saya lebih penting dari foto dan video, karena dengan infografis kita telah menyelesaikan 50 persen informasi yang ingin disampaikan,” jelas Kabag Perencanaan Program dan Pelaporan Aryo Pamoragung, di sela-sela acara Pelatihan Pembuatan Infografis, Kamis (15/8/2019).

Selain itu, masyarakat milenial sekarang lebih meminati infografis, sehingga menjadi penting untuk bisa dikelola dan dikembangkan sebagai konten informasi yang dapat memberikan manfaat bagi semua lapisan masyarakat.

Melalui Pelatihan Pembuatan Infografis di Artotel Jakarta, diharapkan sumber daya manusia di Ditjen SDPPI dapat menciptakan konten infografis yang bisa dipahami masyarakat. “Dengan hanya melihat gambar, sudah dapat menangkap pesan dari gambar yang disajikan dengan konten yang inovatif dan menarik,” tambah Aryo.

Pelatihan, yang diselenggarakan Sekretariat Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kemkominfo ini, dalam rangka perubahan mindset sumber daya manusia di lingkungan Ditjen SDPPI. Sekaligus juga sebagai bagian dari rangkaian Innovations of Frequency and Standardization Festival (IFAS-Fest) 2019.


Saat memberi sambutan di kegiatan tersebut, Sekretaris Ditjen SDPPI R Susanto menyampaikan inovasi adalah satu hal yang baik. “Kita tidak lagi melihat ke belakang, namun lebih jauh kita akan melihat ke depan menjadi lebih baik,” kata Sesditjen.

Ia berharap peserta yang hadir dalam pelatihan tersebut bisa betul-betul memaanfaatkannya. “Ini ajang dari kita untuk kita. Saya berharap untuk teman-teman di lingkungan Ditjen SDPPI ikut secara aktif menyemarakkan IFAS-Fest 2019. Mudah-mudahan hasil dari kegiatan ini menjadi kebaikan bagi kita semua,” kata Susanto.

Sementara itu, Kasubag Pengelolaan Data Hendra Santoso menyampaikan materi terkait judul dan tema yang nantinya akan dilombakan pada acara IFAS-Fest 2019.

Sumber/Foto : Mukhsinun/Fandi R

Banner `Contact Center`
Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `IFaS Fest 2019`
Banner `eKinerja`
Banner `Sistem Informasi Data Statistik`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `Infografis`