Lulus UNAR Bisa Langsung Unduh Izin di E-Licensing

Masyarakat sedang  mengikuti Ujian Negara Amator Radio (UNAR) ujian di Kabupaten Lombok Timur.  Kegiatan  ujian  diikuti oleh  137 peserta.

Mataram (SDPPI) – Lulusan Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) dapat langsung mengunduh (download) Izin Amatir Radio di aplikasi E-Licensing Amatir, dengan menggunakan akun yang dibuat saat mendaftar ujian.

“Ini merupakan perubahan pelayanan yang revolusioner di Lingkungan Ditjen SDPPI,” ujar Kepala Balai Monitor SFR Kelas II Mataram I Komang Sudiarta dalam sambutannya pada pelaksanaan UNAR di Masbagik, Lombok Timur, Minggu (7/4/2019).

UNAR perdana setelah terbitnya Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor: 17 Tahun 2018 tentang Kegiatan Amatir Radio dan Radio Antar Penduduk ini juga menerapkan pendaftaran secara online melalui website https://iar-ikrap.postel.go.id/. Tahun ini, adalah kali kedua Balmon Mataram menerapkan pendaftaran online. Bedanya, sekarang pelaksanaan pendaftaran secara online dan penerbitan Izin Amatir Radio secara elektronik sudah memiliki payung hukum yang tetap.

“Izin Amatir Radio akan terbit sesaat setelah peserta dinyatakan Lulus Ujian atau di hari yang sama, sameday. Diharapkan bagi para peserta ujian agar bersungguh-sungguh dalam mnegerjakan soal,” ujar Komang.

Ia juga mengingatkan, dengan adanya E-Licensing Amatir ini, tidak ada lagi cara cara manual dalam pendaftaran UNAR, perpanjangan, dan pencetakan Izin amatir Radio. Semua dikerjakan dengan basis elektronik, sehingga para anggota wajib melakukan penyesuaian dengan cara mendaftarkan diri atau registrasi di E-Licensing Amatir. “Kami minta peran aktif dan kerjasama dari Pengurus ORARI daerah dan pengurus lokal untuk melakukan sosialisasi dan edukasi kepada para anggota,” imbaunya.

UNAR Tahap I di Kabupaten Lombok Timur diikuti 134 peserta, terdiri 128 peserta Ujian Tingkat Siaga (YD), lima Peserta Tingkat Penggalang (YC) dan satu Peserta Tingkat Penegak (YB). UNAR berlangsung lancar dan tidak ada kendala berarti. Berdasarkan Hasil Evaluasi Kelulusan UNAR, peserta ujian YD yang dinyatakan lulus 97 orang, dan YC lima orang. Sayangnya, untuk ujian YB tidak ada peserta lulus.

Kasno, UPT Mataram

Banner `Contact Center`
Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `eKinerja`
Banner `Sistem Informasi Data Statistik`
Banner `Infografis`