Manfaatkan 5G, Konten Lokal Harus Jadi Solusi

Dirjen SDPPI memberi sambutan pada kegiatan Mastel’s 5G Summit 2022 bertempat di Hotel Westin, Jakarta, Kamis (24/11/2022).

Jakarta (SDPPI) – Unsur kreativitas sangat penting dalam pemanfaatan teknologi 5G, sehingga pengembangan platform maupun aplikasi atau konten lokal bisa menjadi solusi bersama dalam era digital.

“Ini merupakan persoalan industri, persoalan seluruh komponen yang terlibat, akan melibatkan banyak upaya dan diharapkan aplikasi ataupun platform dapat dimanfaatkan dan benar-benar menjadi solusi buat masyarakat,” kata Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Ismail, Kamis (24/11/2022).

Dirjen SDPPI berharap kehadiran Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) beserta seluruh elemen yang terlibat dampat membantu dan mempercepat pengembangan platform dan aplikasi di tanah air. Semua memerlukan diskusi yang mendalam, agar infrastruktur yang akan dibangun oleh operator telekomunikasi tidak mubazir atau terkesan sia-sia pemanfaatannya.

Ismail yakin teknologi 5G penting bagi konsumen dan kebutuhan perusahaan. Ia mengajak generasi bangsa untuk tiada henti-hentinya berkarya demi kemajuan teknologi bangsa. “Saya juga memberikan tantangan kepada teman-teman semua, khususnya generasi muda, agar terus membangun kreativitas, agar usecase pemanfaatan 5G di Indonesia bisa berjalan dengan baik, sehingga kita bisa menjadi tuan rumah di negeri kita sendiri,” tegasnya.

Mengakhiri sambutannya, Dirjen SDPPI mengucapkan terima kasih kepada Mastel yang sudah mengadakan kegiatan Mastel’s 5G Summit 2022. “Terima kasih atas inisiatif yang dilakukan Mastel pada hari ini, apabila ada masukan terkait peran pemerintah, apalagi hal terkait yang harus dilakukan pemerintah agar 5G di Indonesia dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat,” tutupnya.

Mastel’s 5G Summit 2022 bertempat di Hotel Westin Kuningan, Jakarta Selatan. Turut menjadi narasumber Direktur Penataan Sumber Daya Denny Setiawan, sedangkan turut mendampingi Direktur Standardisasi PPI Mulyadi serta pejabat dan staf terkait.

Sumber/ Foto : Fandi R (Setditjen)

Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `eKinerja`
Banner `SDPPI Digital Assitant`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `IFaS Fest 2022`
Banner `IFaS Fest 2022`