Manfaatkan Data SDPPI dalam Percepatan Transformasi Digital

Saat ini, terdapat beberapa akses layanan data yang dapat dimanfaatkan oleh internal, pengguna layanan publik, dan masyarakat. Antara lain,  SDPPI Report, SDPPI Digital Assistant (SiDia), dan SDPPI Maps.

Jakarta (SDPPI) - Data menjadi salah satu faktor utama mendorong percepatan transformasi digital. Begitu pun data di bidang SDPPI, yang diharap dapat dioptimalkan pemanfaatannya dalam mendukung efektivitas kinerja, optimalisasi spektrum serta peningkatan pelayanan publik.

Hal tersebut disampaikan Direktur Operasi Sumber Daya Dwi Handoko, saat membuka kegiatan Bedah Data dan Data Analytic SDPPI, Senin (14/9/2020). “SDPPI harus dapat bekerja lebih smart dan mampu memanfaatkan data lebih baik lagi,” katanya.

Ia menjabarkan data di Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) cukup berangam, antara lain data perizinan frekuensi radio, hasil monitoring dan pengukuran lapangan, setifikasi operator radio, serta sertifikasi perangkat telekomunikasi.

Data-data tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan dalam mendukung bebagai sektor. Kita harus mampu memetakan data di wilayah kerja masing-masing, sehingga dapat dijadikan referensi dalam pengambilan kebijakan, jelasnya.

Kegiatan, yang diselenggarakan secara dalam jaringan (daring) itu, bertujuan untuk mengenal lebih dalam data bidang SDPPI dan penggunaan data analytic. Selama tiga sesi kegiatan daring, yakni 14, 16 dan 23 September 2020, turut serta sejumlah perwakilan satuan kerja (satker) kantor pusat dan seluruh unit pelaksana teknis (UPT) Ditjen SDPPI Kemkominfo.

Direktorat Operasi Sumber Daya bersama Direktorat Pengendalian Ditjen SDPPI sudah mulai memanfaatkan data analytic dalam pengolahan dan layanan data, terutama untuk mendukung operasional pelayanan publik.

Saat ini, terdapat beberapa akses layanan data yang dapat dimanfaatkan oleh internal, pengguna layanan publik, dan masyarakat. Antara lain, SDPPI Report, SDPPI Digital Assistant (SiDia), dan SDPPI Maps. SDPPI Report dan SiDia diakses untuk keperluan internal dan pengguna layanan yang memiliki data perizinan dalam jumlah besar. Sedangkan SDPPI Maps memuat data dan informasi umum yang dapat diakses oleh masyarakat.

Selain bedah data, dilaksanakan knowledge sharing dari Team Tableau dalam penggunaan data analytic, meliputi data analytics and visualization, data preparation and cleansing, dan data analytics and visualization: real case data SDPPI.

Melalui bedah data dan knowledge sharing tersebut, diharapkan mendorong kreativitas pegawai di kantor pusat maupun UPT dalam mengolah dan menyajikan data yang dapat memberikan insight dan manfaat, sehingga menjadikan data SDPPI lebih bermakna.

(Sumber/foto: Tata, Direktorat Operasi Sumber Daya)

Banner `Contact Center`
Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `eKinerja`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `IFaS Fest 2020`