Menkominfo Ingatkan Warga Negara Waspadai Percepatan Teknologi

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudi Antara menjadi inspektur upacara pada peringatan HUT RI ke 47  bertempat di Lapangan Anantakupa, Kemkominfo, Sabtu (17/08/2019).

Jakarta (SDPPI) - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, dalam pidato peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia, meminta semua warga negara waspada dan bersiap pada percepatan era teknologi.

"Generasi baru lahir di era teknologi, akses kemanapun ke seluruh dunia ini ada pada genggamannya. Lansekap teknologi berubah dengan tiba-tiba, ekonomi disebut-sebut sedang menuju era ketidakpastian, disrupsi, dan revolusi. Mereka yang menguasai teknologi dan cara bisnis yang baru memimpin di depan, semoga kita waspada dan merespon dengan penuh kesiapan," papar Menkominfo di Lapangan Anantakupa, Kemkominfo, Sabtu (17/08/2019).

Ia mengatakan ekonomi digital memberi ruang untuk berusaha dengan cara-cara yang sama sekali baru. Tidak ada perbedaan antara muda-tua, kaya-dhuafa, warga kota-warga desa, kuliah-putus sekolah. Kecuali oleh mimpi dan kebaruan gagasan.

"Jika generasi pejuang kemerdekaan, generasi era kolonial, yang penuh keterbatasan bias, maka tak ada alasan bagi kita, generasi kemerdekaan, generasi millenial, generasi Y, generasi Z, yang sudah diwarisi zamrud khatulistiwa ini untuk tidak bisa. Tak ada yang mustahil, tak ada yang tak mungkin, jika kita bercermin pada para pahlawan yang bertaruh nyawa untuk kemerdekaan bangsa," sambungnya.

Menkominfo mengajak semua pihak meningkatkan kapasitas dan inovasi. "Kita tak nihil dalam hal sumberdaya manusia yang unggul. Namun kita butuh melipatgandakan jumlahnya, meningkatkan kapasitasnya, menggelitik inovasinya, dan memompanya dengan semangat baru. Agar menjadi bahan bakar yang memadai untuk menerbangkan roket ekonomi digital tinggi ke angkasa," paparnya.

Ia juga mengucapkan selamat kepada ASN yang mendapat penghargaan. “Tidak apa-apa yang lebih tua, tapi pemikirannya muda. Pemikiran melayani masyarakat, inovasi, berkreasi, itu yang kita butuhkan seterusnya untuk Kemkominfo," tutup Menkominfo.

Upacara peringatan HUT RI dihadiri oleh pejabat pimpinan tinggi madya, pimpinan tinggi pratama, administrator, dan pengawas, serta staf di lingkungan Kemkominfo.

Sumber/Foto : Fandi R (Setditjen)

Banner `Contact Center`
Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `eKinerja`
Banner `SDPPI Maps`