Periksa IMEI Kamu Mulai Sekarang

Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika  (Kemkominfo), menggandeng  Sobat Cyber Indonesia dalam  sosialisasi  IMEI di  Cerita Cafe,   Jum’at (7/2/20).

Jakarta (SDPPI) – Now Check Your IMEI menjadi tema sosialisasi regulasi tentang pengendalian perangkat melalui International Mobile Equipment Identity (IMEI), menjelang berlakunya aturan tersebut pada 18 April 2020.

Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), menggandeng Sobat Cyber Indonesia dalam sosialisasi di Cerita Cafe, Jum’at (7/2/20).

Para narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Kepala Seksi Standar Kualitas Pelayanan Dimas Yanuarsyah, Founder Sobat Cyber Indonesia Al Akbar Rahmadillah, dan Miss Internet Indonesia 2017 Marsya Gusman. Mereka menyampaikan beberapa hal mengenail regulasi IMEI.

Paparan narasumber dilanjutkan dengan diskusi bersama seluruh peserta yang hadir, dimana sebagian besar mereka merupakan influencer geberasi milenial dari beberapa daerah.

Melalui kegiatan ini, diharapkan tingkat kesadaran masyarakat meningkat tentang pentingnya mengetahui beberapa hal sebelum membeli telepon seluler (ponsel). Upaya ini dilakukan untuk perlindungan kepada konsumen dan berkurangnya ponsel blackmarket (BM) yang dapat merugikan negara.

Pengendalian ponsel BM melalui IMEI ini dimotori oleh Global System for Mobile Communications yang mendukung penuh sejumlah negara, antara lain Turki, Pakistan, dan India.

Di Indonesia, pengendalian ponsel BM melalui IMEI merupakan program yang dijalankan oleh empat Kementerian, yaitu Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Keuangan. Hal ini juga didukung oleh beberapa pemangku kepentingan, seperti ATSI, AIPTI dan APSI.

Sumber/ foto : Fandi R (Setditjen)

Banner `Contact Center`
Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `eKinerja`
Banner `SDPPI Maps`