Rangkul ITS, SDPPI Akan Hadirkan Robot Pelayanan Publik

Penandatanganan MoU pembuatan robot  untuk membantu pelayanan publik antara Ditjen SDPPI Kemkominfo yang diwakili oleh Direktur Operasi Sumber Daya Dwi Handoko dengan ITS diwakili Wakil Rektor 4 ITS Bambang Pramujati, Kamis (17/11/2022).

Surabaya (SDPPI) – Proyek pembuatan robot tengah digagas pemerintah untuk menghadirkan showcase teknologi dan membantu pelayanan publik di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo). Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) bersama Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya telah menandatangani Perjanjian Kerjasama (PKS) proyek tersebut.

“Sesuai arahan dari pimpinan bahwa kalau bisa di Kemkominfo ada showcase teknologi yang mencerminkan kementerian,” ucap Direktur Operasi Sumber Daya Dwi Handoko dalam sambutannya pada acara yang dilaksanakan di Gedung Rektorat ITS, Kamis (17/11/2022).

Direktorat Operasi Sumber Daya memiliki pelayanan publik, sehingga teknologi robotic bisa dibuat sebagai showcase teknologi. Sedangkan ITS dipilih sebagai pihak pengembangan teknologi robot, karena dilandasi oleh kuatnya citra kampus ini di bidang robotika. Sebelumnya ITS telah meluncurkan Robot medical Assistant ITS – Airlangga (RAISA) yang tujuannya untuk meminimalisasi kontak antara tenaga medis dan pasien Covid-19. “Kami sangat menaruh harapan untuk bersama-sama mengembangkan robot untuk menunjukkan showcase teknologi hasil kerjasama SDPPI dengan ITS,” harap Dwi.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor 4 ITS Bambang Pramujati mengapresiasi kepercayaan yang diberikan kepada mereka. Ia mengatakan siap untuk mendukung dan bekerjasama dengan SDPPI dalam pengembangan robot untuk sistem informasi yang ada di kementerian. “Kami berharap dapat membantu kemudahan kepada SDPPI dalam memberikan pelayanan,” tambahnya.

Ditjen SDPPI juga diajak mengunjungi Gedung Robotika ITS untuk meninjau teknologi robot apa saja yang dimiliki ITS, Jumat (18/11). Selanjutnya pengembangan robot pelayanan yang dibutuhkan akan disesuaikan dengan prototipe yang ada.

(Sumber/Foto: Nita/Karina, Setditjen SDPPI)

Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `eKinerja`
Banner `SDPPI Digital Assitant`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `IFaS Fest 2022`
Banner `IFaS Fest 2022`