Rangkul Poltekpal Padang dalam Sosialisasi Radio Nelayan

Ketua Tim Kerja Sertifikasi Operator Radio Dodik Sudiono, menyerahkan plakat kepada Iwan Kurniawan, selaku Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan  Politeknik Pelayaran Padang, Jumat (23/9/2022).

Cibubur (SDPPI) - Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) merangkul Politeknik Pelayaran (Poltekpal) Padang, sekolah kedinasan di bawah Kementerian Perhubungan, untuk menyebarluaskan informasi tentang pemanfaatan spektrum frekuensi radio bagi dunia pelayaran dan masyarakat nelayan.

Sinergitas pengabdian masyarakat kedua kementerian ini diawali dengan Perjanjian Kerjasama (PKS) meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) sebagai operator radio komunikasi non konvensi safety of life at sea (SOLAS). “Dalam rangka untuk bisa memberi bimbingan teknis kepada para nelayan di seputaran wilayah kerja Politekpal Padang,” kata Ketua Tim Kerja Sertifikasi Operator Radio Dodik Sudiono, saat membuka acara yang berlangsung di Avenzel Hotel and Convention Cibubur, Jumat (23/9/2022).

Turut hadir dalam kegiatan ini, para Pengendali Frekuensi Radio (PFR) dari Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio (SFR) Kelas II Padang dan sejumlah pejabat terkait dari kantor pusat Ditjen SDPPI. Sedangkan dari Poltekpal Padang menyertakan tim terkait yang dipimpin oleh Iwan Kurniawan, selaku Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan lembaga pendidikan tersebut.

Direktorat Operasi Sumber Daya Ditjen SDPPI memiliki program kerja pendidikan dan pelatihan pemberdayaan masyarakat di berbagai wilayah, termasuk Sumatera Barat. “Kita memberikan pemahaman kepada para nelayan yang selama ini mungkin tidak tahu bagaimana menggunakan perangkat radio dan frekuensi dengan baik dan benar sehingga bisa menimbulkan gangguan,” jelas Dodik, dalam sambutan mewakili Direktur Operasi Sumber Daya Dwi Handoko.

Melalui PKS, lanjutnya, diharapkan mampu memberikan solusi yang bisa meredam gangguan spektrum frekuensi radio terhadap komunikasi penerbangan. Sejumlah negara kerap menyampaikan laporan ke pemerintah Indonesia terkait interferensi yang terjadi saat maskapai mereka terbang melintas di atas perairan Indonesia.

(Sumber/Foto : Mukhsinun/Susanto, Setditjen)

Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `eKinerja`
Banner `SDPPI Digital Assitant`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `IFaS Fest 2022`
Banner `IFaS Fest 2022`