Ratakan Layanan, UNAR CAT Digelar di Kepulauan Terluar

Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio (SFR) Kelas II Manado menyelenggarakan Ujian Negara Amatir Radio berbasis Computer Assisted Test (UNAR CAT) di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang dan Biaro (Sitaro), Minggu (26/09/2020)

Sitaro (SDPPI) – Bertepatan dengan rangkaian Peringatan Hari Bakti Postel ke-75, Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio (SFR) Kelas II Manado menyelenggarakan Ujian Negara Amatir Radio berbasis Computer Assisted Test (UNAR CAT) di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang dan Biaro (Sitaro).

Kegiatan ini merupakan wujud pemerataan layanan Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo). “Standar Pelayanan Perizinan Frekuensi Radio dan Sertifikasi Operator Radio di seluruh wilayah Indonesia harus sama, tak terkecuali di daerah kepulauan terluar,” kata Kepala Balmon Manado Hermanto dalam sambutan, Hari Sabtu (26/09/2020).

UNAR CAT Nonreguler II itu diikuti 33 peserta, di antaranya Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Sitaro Drs Herry Bogar MM. Pejabat lainnya yang juga tercatat sebagai peserta, antara lain Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Kepala BPBD Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Dalam sambutannya, Sekda Sitaro menyampaikan wilayah administrasinya merupakan kepulauan di ujung utara Indonesia. Terdiri dari beberapa pulau, yang diantaranya Siau Tagulandang dan Biaro. Di Pulau Siau, terdapat gunung api paling aktif di dunia yaitu Karangetang.

“Kabupaten Kepulauan Sitaro rawan bencana alam. Dalam kondisi ini, frekuensi radio sangat dibutuhkan. Jadi sudah tepat kiranya jika hari ini diadakan UNAR CAT. Pemerintah Kabupaten Sitaro akan selalu mendukung kegiatan yang baik dan bermanfaat seperti ini,” kata Herry Bogar.

Dari 33 peserta ujian, 28 orang dinyatakan lulus dan dapat langsung mengunduh Izin Amatir Radio (IAR). Diterbitkannya IAR, sekaligus para amatir radio langsung dapat menggunakan callsign masing-masing, merupakan wujud layanan Prima Balmon Manado.

Sebagai puncak acara, Kepala Balmon Manado menyerahkan IAR Kehormatan kepada Ibu Bupati Sitaro, Eva Sasingen. Dilanjutkan penyerahan KTA ORARI oleh Ketua DPP ORARI Daerah Sulawesi Utara Indra Purukan, yang juga Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Sumber/Foto : Kasno/UPT Manado

Banner `Contact Center`
Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `eKinerja`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `IFaS Fest 2020`