SDPPI Tingkatkan Kapasitas Pegawai Menuju Digital Mindset

Kepala Bagian Umum dan Kepegawaian, Setditjen SDPPI, Hasyim Fiatar memberikan sambutan dalam pembukaan Capacity Building Pembinaan Mental dan Disiplin Pegawai Ditjen SDPPI di Telkom Corporate University Bandung, Jawa Barat, Rabu (19/12/2018).

Bandung (SDPPI) - Guna meningkatkan kapasitas dan membentuk pola pikir digital (digital mindset) ASN, Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI), Kementerian Komunikasi dan Informatika pada Rabu memulai pelatihan capacity building bagi 60 pegawainya baik dari kantor pusat maupun Unit Pelaksana Teknis di seluruh Indonesia.

Enampuluh pegawai itu mengikuti capacity building selama dua hari di Telkom Corporate University di Jalan Gegerkalong Setiabudi Bandung, Jawa Barat, yang memiliki area kurang lebih 10 hektar dengan fasilitas pelatihan yang lengkap, termasuk hotel dan tiga asrama yang mampu menampung hingga 600 orang.

“Pelatihan ini namanya capacity building pembinaan mental dan disiplin pegawai. Tujuannya adalah untuk meningkatkan disiplin, kerja sama, juga akselerasi ASN Ditjen SDPPI untuk memiliki digital mindset di era Industry 4.0,” kata Coordinator Group of Faculty Member, Telkom Corporate University, Prasabri Pesti, di Bandung, Rabu.

Menurut Prasabri, pelatihan ini menggunakan pendekatan coaching, yang umum dilakukan dalam berbagai industri. Dalam pelatihan ini kemampuan peserta akan dieksplorasi karena selama ini mungkin kemampuan individu pegawai yang digunakan hanya sebagian dan jauh masih banyak kemampuan-kemampuan yang sebenarnya masih tersimpan.

Pelatihan ini, lanjut Prasabri, dikaitkan dengan kesiapan ASN untuk menghadapi digitalisasi di era Industry 4.0, “Jadi kita sedang berada dalam era industri yang berbasis IoT, jadi isu-isu ini sangat penting untuk kita kedepankan dalam pelatihan ini.”

Sementara itu, Kepala Bagian Umum dan Kepegawaian, Sekretariat Ditjen SDPPI, Hasyim Fiater dalam sambutannya mengatakan bahwa peserta capacity building ini berjumlah 60 orang, dengan 25 orang di antaranya berasal dari UPT di seluruh Indonesia dan 35 orang dari kantor pusat.

Kepada tim dari Telkom Corporate University, Hasyim menyerahkan seluruh peserta agar diberikan pembekalan selama dua hari pelatihan ini sehingga ketika kembali ke Ditjen SDPPI mereka membawa hasil yang lebih baik.

“Besok mengenai arah pengembangan SDM akan disampaikan langsung oleh Pak Dirjen (Dirjen SDPPI Ismail). Pada 2019 mendatang program pengembangan SDM di Ditjen SDPPI akan lebih banyak dari tahun ini,” katanya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Telkom Corporate University yang telah menerima kami untuk menjadi keluarga Telkom Corporate University selama dua hari ini,” kata Hasyim menutup sambutannya.

(Sumber/foto: Mukhsinun)

Banner `Contact Center`
Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `IFaS Fest 2019`
Banner `eKinerja`
Banner `Sistem Informasi Data Statistik`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `Infografis`