Siaran Pers No. 62/PIH/KOMINFO/8/2013
Dinamika Trafik Telekomunikasi Saat Puncak Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1434 H

Sumber ilustrasi: http://palembang.tribunnews.com/foto/bank/images/ucapan-idul-fitri-1434-h.jpg

(Jakarta, 10 Agustus 2012). Kementerian Kominfo melalui Siaran Pers ini menyampaikan ucapan terima-kasih dan sikap apresiasinya terhadap sejumlah penyelenggara telekomunikasi yang telah berupaya semaksimal dan sebaik mungkin dalam menyediakan layanan telekomunikasi selama berlangsungnya suasana perayaan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1434 H baik melalui peningkatan kapasitas jaringan, monitoring secara rutin selama 24 jam penuh maupun kecepatan tanggap darurat dalam menghadapi persoalan teknis. Meskipun evaluasi secara komprehensif yang dilakukan oleh Kementerian Kominfo dan BRTI (Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia) belum selesai, namun demikian berdasarkan monitoring dan evaluasi awal serta rangkuman dari berbagai informasi yang dihimpun dari berbagai kalangan masyarakat, sejauh ini dapat disimpulkan, bahwa kualitas layanan telekomunikasi berada dalam tingkatan yang cukup baik.

 

Kementerian Kominfo memang cukup banyak menerima keluhan dari sejumlah warga masyarakat yang mengeuhkan sering agak buruknya kualitas layanan telekomunikasi dalam bentuk adanya dropped call (sedang keenakan telepon tetapi tiba-tiba kemudian hilang kontak pembicaraan meski sinyal cukup bagus), unsuccessfull call ratio (untuk menghubungi pihak lain dalam bertelepon harus diulang berkali-kali sampai berhasil), buffering (pada saat browsing internet cukup lama menunggunya) dan sering delay saat pengiriman SMS maupun komunikasi data. Namun demikian kondisi tesebut tidak sampai menimbulkan terputusnya koneksi atapun network yang secara total drop. Ini belum termasuk adanya sejumlah area yang kadang minim sinyal telekomunikasi untuk beberapa detik tertentu saja pada beberapa penyelenggaraan layanan telekomunikasi di sejumlah lintasan mudik tertentu, khususnya pada lintasan jalan darat yang berlokasi di kelokan jalan di tengah perbukitan tertentu di Jawa Barat (khususnya sekitar Nagreg) dan Jawa Tengah (khususnya jalur tengah di sekitar jelang Purwokerto) serta perlintasan di Merak-Bakauhuni meski juga sama sekali tidak sampai terputus koneksinya. Oleh karenanya, Kementerian Kominfo menyampaikan permohonan ma'af yang sebesar-besarnya, karena bagaimanapun juga Kementerian Kominfo dan BRTI juga sudah merusaha semaksimal mungkin dalam mengecek kualitas layanan telekomunikasi melalui kegiatan drive test mulai tangga 29 Juli 2013.

 

Puncak perayaan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1434 H memang sudah berlalu, namun demikian kepada para penyelenggara telekomunikasi tetap diperintahkan untuk menjaga kualitas layanan minimal hingga H + 7 dan khusus bagi RIM-BlackBerry minimal hingga H+10, sebagaimana disebutkan oleh Menteri Kominfo Tifatul Sembiring pada saat acara apel siaga besama Kementeran Kominfo dan seuruh mitra kerjanya pada tanggal 29 Juli 2013. Ini karena terkait dengan akan terjadinya arus balik para pemudik dimana layanan telekomunikasi, khususnya di daerah-daerah padat konsentrasi lalu lintas, tetap sangat dibutuhkan untuk saling berkomunikasi satu sama lain. Kementerian Kominfo cukup yakin bahwasanya kualitas layanan telekomunikasi hingga H+7 tersebut tetap akan terjaga dengan baik seperti beberapa tahun terakhir ini. Namun demikian, seandainya terjadi pelanggaran, maka dasar evaluasinya tetap mengacu pada UU No. 36 Tahun 2008 tentang Telekomunikasi dan juga PP No. 52 Tahun 2000 tentang Penyelenggaraan Telekomunikasi , khususnya pada Pasal 15 ayat (1) yang menyebutkan, bahwa penyelenggara jasa telekomunikasi wajib menyediakan fasilitas telekomunikasi untuk menjamin kualitas pelayanan jasa telekomunikasi yang baik. Di samping itu karena saat ini juga telah ada 5 Peraturan Menteri Kominfo yang terkait dengan standar kualitas layanan telekomunikasi, yang sudah berlaku sejak tanggal 21 Juli 2008. Dan oleh karenanya perintah ini tidak lagi berupa himbauan.

Dasar referensi penilaian cukup memuaskan ini didasarkan pada sejumlah indikator:

  1. Tidak ada satupun layanan telekomunikasi dari seluruh penyelenggara telekomunikasi yang total mengalami terputus koneksinya.
  2. Succesfull Call Ratio (SCR) atau keberhasilan panggil, yang masih di atas rata-rata sebagaimana diatur di dalam regulasi standar kualitas layanan telekomunikasi. Demikian pula untuk dropped call dan blocked call, juga tidak sampai menembus batas pelanggaran secara akumulatif.
  3. Durasi waktu pengiriman SMS, yang masih dalam batas normal sesuai ketentuan.
  4. Demikan dengan layanan RIM-BlackBerry juga masih dalam batas normal meski saat tanggal 8 Agustus 2013 siang saat mengalami sedikit delay mungkin karena cukup tingginya trafik.
  5. Memang benar ada sejumlah keluhan yang disampaikan ke Kementerian Kominfo tentang adanya masalah Unsuccesfull Call Ratio dan keterlambatan pengiriman SMS. Namun setelah dijelaskan, bahwa Kementerian Kominfo menghimbau masyarakat umum agar sedapat mungkin efektif dalam penggunaan layanan, maka masalah tersebut dapat diminimalisasi. Disamping itu, tidak semuanya karena keterbatasan jaringan, tetapi juga kendala pada handset yang ada, dimana sewaktu pengiriman secara broadcast massif berlangsung dipaksakan sebanyak mungkin pada peak session dan ketika semuanya belum terkirim, maka sudah ada upaya pengiriman baru lagi atau digunakannya fasilitas layanan call ketika pengiriman SMS masih sedang berlangsung. Akibatnya failed.
  6. Keterlambatan dan kegagalan pengiriman SMS ini juga di antaranya karena pengirim melakukannya dengan destinasi pada pengguna yang tidak terjangkau layanan baik on net maupun off net , sehingga itu bukan kesalahannya penyelenggara telelomunikasi.
  7. Seluruh penyelenggara telekomunikasi sejauh yang termonitor Kementerian Kominfo selama nonstop 24 jam ternyata telah berusaha semaksimal mungkin berdasarkan seluruh kemampuan yang dimillikinya untuk menjamin terjaganya kealitas layanan telekomunikasi.

 

Adapun data trafik telekomunikasi yang diterima dari 4 penyelenggara telekomunikasi secara random adalah sebagai berikut:

I. PT Telkom

Trafik Telkom Flexi saat Lebaran 2013

Layanan

Satuan

H-1

H

H+1

Puncak/Rata2 2013

Lebaran 2012

Normal 2013

Kenaikan
terhadap 2012

Kenaikan terhadap Kondisi Normal

SMS

Juta SMS

23.8

22.9

16.2

23.8

30.7

21.9

(22.5%)

8.6%

Voice

Juta Call

15.9

11.9

12.3

15.9

16.9

18.6

(5.9%)

(14.4%)

Data

Terabyte

28.7

23.8

25.6

28.7

28.0

29.8

2.7%

(3.8%)

 

Keterangannya:

  1. Keterangannya: Trafik SMS pada Idul Fitri 1434H mencapai puncaknya pada H-1 sebesar 23,8 juta SMS. Dibandingkan hari biasa mengalami kenaikan 8,6%, namun turun dibandingkan tahun 2012.
  2. Trafik voice mengalami penurunan baik dibandingkan tahun 2012 maupun dibandingkan hari biasa. Pada lebaran tahun ini volume trafik voice sebesar 15,9 juta call, menurun 5,9% dibandingkan tahun sebelumnya.
  3. Trafik packet data Telkom Flexi pada lebaran tahun ini sebesar 28,7 terabyte, atau meningkat sebesar 2,7% dibandingkan tahun 2012.
  4. Pada periode Idul Fitri 1434H ini Telkom juga menyediakan layanan Indonesia Wi-Fi di Jalur Mudik sebanyak 3.906 akses poin yang tersebar di 483 lokasi. Layanan Indonesia Wi-Fi semakin dinikmati oleh masyarakat dan konsumsi trafik mencapai 15,7 terabyte per hari.
  5. Konsentrasi trafik terjadi di beberapa daerah, khususnya di wilayah Surabaya, Yogyakarta, Bandung, Semarang dan Denpasar.

II. PT Telkomsel

LEBARAN 2012

LEBARAN 2013

SERVICE USAGE

Aug 18th 2012

Aug 19th 2012

Aug 20th 2012

Aug 7th 2013

Aug 8th 2013

Aug 9th 2013

(Day H-1)

(Day H)

(Day H+1)

(Day H-1)

(Day H)

(Day H+1)

Voice (Minute)

996,055,129

1,169,277,312

995,732,013

1,113,914,984

1,234,720,207

1,079,871,455

SMS (Number)

866,421,856

1,020,698,222

627,636,546

977,089,878

915,875,120

655,987,984

Data (T Byte)

144.02

129.62

133.66

286.70

268.25

270.20

LEBARAN 2012

LEBARAN 2013

SERVICE PERFORMANCE

Aug 18th 2012

Aug 19th 2012

Aug 20th 2012

Aug 7th 2013

Aug 8th 2013

Aug 9th 2013

(Day H-1)

(Day H)

(Day H+1)

(Day H-1)

(Day H)

(Day H+1)

Voice Performance
(SCR) (%)

96.90

94.82

95.94

97.75

97.02

97.57

Voice Performance
(CCR) (%)

98.28

97.77

98.04

98.64

98.33

98.52

SMS Performance
(Global Delivery Rate) (%)

99.81

99.84

99.85

99.92

99.86

99.87

SMS Performance
(Delivery <30s) (%)

90.49

89.51

92.01

90.26

89.69

92.08

Data Performance
(PDP Success Rate) (%)

99.85

99.84

99.84

99.86

99.85

99.86

Data Performance
(PDP Completion Rate) (%)

99.02

98.93

98.96

99.11

99.03

99.09

 

 

 

COMPARATION of LEBARAN 2012 -2013

SERVICE USAGE

(Day H-1)

(Day H)

(Day H+1)

Voice (Minute)

11.83%

5.60%

8.45%

SMS (Number)

12.77%

-10.27%

4.52%

Data (T Byte)

99.07%

106.96%

102.15%

 

COMPARATION of LEBARAN 2012 -2013

SERVICE PERFORMANCE

(Day H-1)

(Day H)

(Day H+1)

Voice Performance
(SCR) (%)

0.88%

2.32%

1.70%

Voice Performance
(CCR) (%)

0.36%

0.57%

0.49%

SMS Performance
(Global Delivery Rate) (%)

0.11%

0.02%

0.02%

SMS Performance
(Delivery <30s) (%)

-0.25%

0.20%

0.07%

Data Performance
(PDP Success Rate) (%)

0.01%

0.01%

0.02%

Data Performance
(PDP Completion Rate) (%)

0.09%

0.10%

0.13%

III. PT Indosat

  1. Pada H-1, layanan voice mengalami penurunan hingga 15,96% dibandingkan hari-hari biasa. Atau telah berlangsung pembicaraan sebanyak 314,45 juta menit. Sedangkan layanan SMS mengalami kenaikan hingga 24,92% dibandingkan hari-hari biasa. Atau telah terkirim sebanyak 1,017 juta SMS. Dan komunikasi data mengalami kenaikan hingga 42,29% dibandingkan hari-hari biasa. Atau telah digunakan sebanyak 79,30 terrabyte.
  2. Pada hari H, layanan voice mengalami penurunan hingga 8,8% dibandingkan hari-hari biasa. Atau telah berlangsung pembicaraan sebanyak 340,96 juta menit. Sedangkan layanan SMS mengalami kenaikan hingga 20,20% dibandingkan hari-hari biasa. Atau telah terkirim sebanyak 979 juta SMS. Dan komunikasi data mengalami kenaikan hingga 22,67% dibandingkan hari-hari biasa. Atau telah digunakan sebanyak 63,36 terrabyte.
  3. Pada H+1, layanan voice mengalami penurunan hingga 15,34% dibandingkan hari-hari biasa. Atau telah berlangsung pembicaraan sebanyak 316,9 juta menit. Sedangkan layanan SMS mengalami penurunan hingga 14,36% dibandingkan hari-hari biasa. Atau telah terkirim sebanyak 858,9 juta SMS. Dan komunikasi data mengalami kenaikan hingga 27,11% dibandingkan hari-hari biasa. Atau telah digunakan sebanyak 70,84 terrabyte.
  4. Konsentrasi trafik telekomunikasi terbesar ada di sekitar Jawa dan Sumatera Selatan.

IV. PT XL Axiata

  1. Pada hari biasa trafik percakapan sebanyak 600 juta / menit, demikian pula SMS sebanyak 750 juta SMS / hari dan komunikasi data sebanyak 185 terrabytes / hari.
  2. Kenaikan trafik terjadi terjadi di H-1 dan hari H-2 khususnya pada layanan data mengalami peningkatan sebanyak 32,4% dan 29,7%. Sementara peningkatan trafik tertinggi pada penggunaan layanan voice pada hari H Lebaran terjadi di sejumlah daerah yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah dan DIY khususnya misalnya di Tegal, Pekalongan dan Brebes yang rata-rata menca[ai 14,9%. Ini disusul dengan daerah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara sebesar 7,8%.
  3. Informasi detilnya adalah sebaga berikut. Untuk komunikasi data: H-2 sebanyak 240 terrabytes (29,7%), H-1 sebanyak 245 terrabytes (32,4%) dan hari H sebanyak 225 terrabytes (21,6%). Untuk layanan voice: H-2 sebanyak 560 juta menit (-6,7%), H-1 sebanyak 550 juta menit (-8,3%) dan hari H sebanyak 580 juta menit (-3,3%). Dan berikutnya untuk layanan SMS: H-2 sebanyak 570 juta SMS (-24%), H-1 sebanyak 560 juta SMS (-25,3%) dan hari H sebanyak 540 juta SMS (-28%).
  4. Sementara bila dibandingkan dengan kondisi trafik jelang Lebaran dan selama Lebaran 2012 dapat dirinci sebaga berikut.

 

Layanan

H-2 Lebaran 2012

H-2 Lebaran 2013

H-1 Lebaran 2012

H-1 Lebaran 2013

Hari H Lebaran 2012

Hari H Lebaran 2013

H+1 Lebaran 2013

Data

68 terrabytes / hari

240 terrabytes / hari (naik 253%)

66 terrabytes / hari

245 terrabytes / hari (naik 271%)

62 terrabytes / hari

225 terrabytes / hari (naik 263%)

235 terrabytes (naik 27%)

Voice

560 juta menit / hari

560 juta menit / hari (stabil)

556,4 juta menit / hari

550 juta menit / hari (turun 1,1%)

625 juta menit / hari

580 juta menit / hari (turun 7,2%)

550 juta menit (turun 8,3%)

SMS

470 juta SMS / hari

570 juta SMS / hari (naik 21,2%)

575 juta SMS/ hari

560 juta SMS / hari (turun 2,6%)

565 juta SMS / hari

540 juta SMS / hari (turun 4,4%

535 juta SMS (turun 28,6%)

 

------

Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo (Gatot S. Dewa Broto, HP: 0811898504, Twitter: @gsdewabroto; Email: gatot_b@postel.go.id , Tel/Fax: 021.3504024).
Sumber ilustrasi: http://palembang.tribunnews.com/foto/bank/images/ucapan-idul-fitri-1434-h.jpg.

Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `SDPPI Digital Assitant`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `IFaS Fest 2023`