Tulungagung, UNAR New Normal Pertama Balmon Surabaya

Kabupaten Tulungagung menjadi tempat penyelenggaraan Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) metode Computer Assisted Test (CAT) pertama tahun ini di Era New Normal.

Tulungagung (SDPPI) – Kabupaten Tulungagung menjadi tempat penyelenggaraan Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) metode Computer Assisted Test (CAT) pertama tahun ini di Era New Normal. Protokol Kesehatan mencegah wabah Covid-19 diberlakukan sepanjang ujian berlangsung.

Balai Monitor Kelas I Surabaya, sebagai pelaksana UNAR, mengajak ORARI Daerah Jawa Timur melakukan Deklarasi Era New Normal. “Ini menandai kesiapan kedua pihak untuk memasuki Era New Normal,” jelas Kepala Balmon Surabaya Sensilaus Dore, Rabu (24/6/2020).

Isi deklarasi bersama, pertama berperan aktif dalam mencapai suksesnya Era New Normal dan perlawanan terhadap Covid-19. Kedua, menerapkan Protokol Kesehatan dalam semua kegiatan. Ketiga, mensosialisasikan Era New Normal dan Protokol Kesehatan pada masyarakat. Dan keempat, mengajak masyarakat agar selalu menerapkan Protokol Waspada Covid19 dalam semua aktivitas sehari-hari.

Saat ini, hampir seluruh wilayah di Provinsi Jawa Timur terdampak Covid-19. Dipilihnya Tulungagung sebagai lokasi pelaksanaan UNAR CAT, mengingat kabupaten tersebut masih dalam Zone Orange atau memiliki risiko sedang. Sementara itu, wilayah Surabaya dan kota/kabupaten di sekitarnya masih masuk dalam Zone Merah.

Meski demikian, penyelenggara UNAR tetap menjaga ketat kepatuhan terhadap Protokol Kesehatan. Mulai dari meminta semua peserta mencuci tangan, mendistribusian Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker, sarung tangan, dan face shield. Lalu, menyediakan formulir self assessment kesehatan, mengatur jarak tempat ujian dan mengimbau peserta menghindari kerumunan.

Guna menciptakan suasana santai, di sela-sela ujian, panitia menyiapkan Quiz Session. Diharapkan, melalui kemeriahan kuis, para peserta dapat mengurangi ketegangan mereka menghadapi ujian di Era New Normal.

Saat membuka acara, Kepala Balmon Surabaya menjelaskan tentang peningkatan cara atau metode pelaksanaan UNAR dari manual menjadi full CAT. Ia mengajak masyarakat Jawa Timur untuk beradaptasi dan bersahabat dengan perkembangan teknologi. “Tentunya ini akan membantu kegiatan kita sehari-hari,” kata Sensi.

UNAR kali ini, Balmon Surabaya menerima 21 peserta. Dari 11 peserta yang terdaftar di Tingkat Siaga, hadir 10 orang. Kesemuanya lulus. Peserta di Tingkat Penggalang ada tujuh orang dan juga lulus seluruhnya. Demikian pula dengan keberhasilan tiga peserta dari Tingkat Penegak. “Ini 95 persen peserta berasal dari masyarakat lokal Tulungagung,” katanya.

Sejak awal UNAR dilaksanakan di Jawa Timur pada 2009, animo penggiat amatir radio untuk mendapatkan izin sangat tinggi. Rata-rata pertahun 500 peserta. Bahkan, pada 2019 sebagai tahun terakhir diadakannya UNAR manual, peserta mencapai 956 orang.

Tahun ini, tambah Sensi, UNAR mulai menggunakan metode CAT dan dilaksanakan di tengah Pandemi Covid-19. “Antusiasme peserta tetap tinggi, dilihat dari kuota peserta yang tetap full booked,” katanya.

Sumber/ Foto : Balmon Spekfrekrad Kelas I Surabaya

Banner `Contact Center`
Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `eKinerja`
Banner `SDPPI Maps`