Direktorat Operasi Sumber Daya Sosialisasi PP 24 di Medan

Suasana bimtek e-licensing di Medan yang berhasil membimbing 21 pemegang ISR membuat akun e-licensing

Medan (SDPPI) – Direktorat Operasi Sumber Daya Ditjen SDPPI Kemkominfo menggelar sosialisasi dan bimbingan teknis Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik.

Dalam kegiatan yang diikuti pemegang ISR Dinas Tetap dan Bergerak Darat itu, juga disosialisasikan Permen Kominfo Nomor 07 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik Bidang Komunikasi dan Informatika, serta Permen Kominfo Nomor 09 Tahun 2018 Tentang Ketentuan Operasional Penggunaan Spektrum Frekuensi Radio.

Kementerian Kominfo telah menerapkan pelayanan perizinan spektrum frekuensi radio secara online terintegrasi dengan sistem Online Single Submission melalui portal www.oss.go.id,” jelas Kepala Subdirektorat Pelayanan Spektrum Dinas Tetap dan Bergerak Darat (DTBD) Jenny Mien Lumingkewas di Adimulia Hotel Medan, Kamis (29/8/2019),

Ia juga menjelaskan daerah Medan dipilih untuk kegiatan ini karena data pemegang ISR di wilayah Provinsi Sumatera Utara, tercatat yang belum memiliki akun e-licensing mencapai 104 klien. Hadir dalam kegiatan ini 35 pemegang ISR yang belum memiliki akun e-licensing.

Mewakili Direktur Operasi Sumber Daya, Jenny menyampaikan berlakunya PP Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik, maka untuk pelayanan perizinan spektrum frekuensi radio dilakukan secara online terintegrasi dengan sistem Online Single Submission (www.oss.go.id). Selain untuk sistem permohonan baru e-licensing, berbagai fasilitas fitur dapat diakses oleh pengguna frekuensi radio, antara lain, perubahan data ISR, penghentian ISR, penerbitan ISR dan penerbitan spp secara on line.

Hadir sebagai narasumber sosialisasi, Kasi Pelayanan Sektor Sekunder Wahyudi menyampaikan tentang proses perzinan bagi pelaku usaha melalui OSS. Sedangkan Kasi Sarana dan Pelayanan Balai Monitor Kelas II Medan Franky Situmorang menyampaikan tugas dan fungsi lembaganya. Acara dipandu oleh moderator Stevan Lodo, Analis Layanan Dinas Bergerak Darat.

Selanjutnya, Tim dari Subdit Pelayanan Spektrum DTBD memberikan bimbingan teknis pembuatan akun e-licensing, cara melakukan permohonan ISR melalui online, dan fitur-fitur lain yang bisa diakses pengguna, seperti unduh SPP dan ISR. Setelah menerima bimbingan, ada 21 pemegang ISR yang berhasil membuat akun e-licensing.

(Sumber/foto : Stevan Lodo, Dit. Operasi Sumber Daya)

Banner `Contact Center`
Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `IFaS Fest 2019`
Banner `eKinerja`
Banner `Sistem Informasi Data Statistik`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `Infografis`