Pemda Apresiasi UNAR CAT bagi Peserta di Wilayah Rawan Bencana

Balmon Jambi melaksanakan kegiatan UNAR sistem CAT sekaligus  juga dilakukan penandatanganan pakta integritas secara simbolis oleh Asisten II Walikota, Kepala Balmon Jambi, Ketua Orda Jambi dan Ketua Orlok Kota Sungai Penuh-Kab Kerinci, Minggu (13/10/2019).

Jambi (SDPPI) – Pemerintah Kota Sungai Penuh mengapresiasi Ujian Negara Amatir Radio (UNAR), yang diselenggarakan Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Jambi, Minggu (13/10/2019), mengingat Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh merupakan wilayah rawan bencana.

“Keberadaan ORARI sangat vital dalam menunjang pembangunan perekonomian, khususnya pada waktu kondisi darurat bencana,” kata Asisten II Walikota Kota Sungai Penuh, Ir. Herman, MM dalam sambutan pembukaan UNAR yang diikuti 94 peserta tersebut.

Lokasi UNAR diselenggarakan di Kota Sungai Penuh, 12 jam perjalanan darat dari Kota Jambi. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama antara Balmon Jambi, ORARI Daerah Jambi dan ORARI Lokal.

Kepala Balmon Jambi Sular menekankan pentingnya penggunaan frekuensi radio yang tertib sesuai peruntukan. “Pemerintah adalah regulator dalam tupoksi pengawasan dan pengendalian frekuensi radio di Provinsi Jambi, katanya.

Apalagi, lanjunya, penyelenggaraan UNAR kali ini adalah yang pertama menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) dengan kombinasi. Tingkat Penggalang dan Penegak sudah menerapkan Full CAT, sedangkan tingkat siaga masih Semi CAT, dimana admin ujian secara online melakukan checklist peserta yang sudah terdaftar mengikuti ujian sesaat sebelum dimulai sesuai absensi. Pelaksanaan ujiannya sendiri masih konvensional.

Peserta ujian berjumlah 94 peserta dengan rincian tiga Penegak, 24 Penggalang dan 67 Siaga. Hasil UNAR, Tingkat Siaga masih akan dilakukan evaluasi, dimana diberikan waktu sampai H+4 untuk menentukan kelulusan. Sedangkan untuk Full CAT Penggalang, dari 24 peserta, 23 berhasil lulus ujian. Khusus Tingkat Penegak, ketiga peserta ujian berhasil lulus.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan pakta integritas secara simbolis oleh Asisten II Walikota, Kepala Balmon Jambi, Ketua Orda Jambi dan Ketua Orlok Kota Sungai Penuh-Kab Kerinci

(Sumber info/foto : Winarto/Ragil, Balmon Jambi)

Banner `Contact Center`
Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `IFaS Fest 2019`
Banner `eKinerja`
Banner `Sistem Informasi Data Statistik`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `Infografis`