Selama WFH, Radio Jadi Alternatif Masyarakat Yogyakarta

Peserta UNAR  berasal dari wilayah DIY dan Jawa Tengah, serta satu orang dari Jambi (12/07/2020).

Yogyakarta (SDPPI) – Banyak beraktivitas dari rumah atau work from home (WFH) selama masa Pandemi Covid-19, komunikasi perangkat radio menjadi alternatif masyarakat. Terbukti, kuota Ujian Amatir Negara (UNAR) di Balai Monitor SFR Kelas I Yogyakarta sudah penuh hingga Desember 2020.

“Jadwal UNAR reguler yang direncanakan Juli hingga Desember ini telah memenuhi kuota,” ujar Kepala Balmon Yogyakarta Heriyanto, dalam sambutannya di kegiatan UNAR Nonreguler Tahun 2020, di Kampus STIE YKPN, Minggu (12/7/2020).

Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) terus berupaya meningkatkan tertib frekuensi di kalangan pengguna amatir radio. Selama masa Pandemi Covid-19, kegiatan reguler dan nonreguler, harus mengutamakan Protokol Kesehatan. Koordinasi juga harus dilakukan dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan instansi terkait di wilayah Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Mewakili Direktur Operasi Sumber Daya Ditjen SDPPI Kemkominfo, Kabalmon Yogyakarta mengatakan ORARI merupakan wadah bagi para pegiat amatir radio melatih diri bidang teknik komunikasi. Keberadaan ORARI telah banyak memberi kontribusi menyampaikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat saat terjadi bencana ataupun perayaaan hari besar keagamaan.

Namun demikian, para anggota ORARI harus tertib dan bijak menggunakan frekeunsi. “Penggunaan spektrum frekuensi radio harus sesuai alokasinya, demikian pula daya pancar dan perangkat radio yang digunakan harus sesuai ketentuan,” kata Heriyanto.

Peserta UNAR berasal dari wilayah DIY dan Jawa Tengah, serta satu orang dari Jambi. Tingkat Siaga (General) sejumlah 98 orang, Penggalang (Advaced) tiga orang, dan Penegak (Extra Class) lima orang. Keseluruhan peserta tercatat 106 orang. Turut memberikan sambutan Ketua Orda DIY Anton Sutrisno (YB2UFO) dan Ketua ORDA Jateng JB Praharto (YB2BZ).

UNAR dilaksanakan berbasis computer atau Computer Assisted Test (CAT) dengan Sistem Pendaftaran Online melalui https://iar-ikrap.postel.go.id. Hasil UNAR dan kelulusan dapat langsung diketahui melalui website. Sedangkan penerbitan IAR dilakukan secara online dalam waktu paling lama satu hari setelah diumumkannya hasil kelulusan.

One Day Service UNAR ini merupakan upaya peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Reformasi Birokrasi dalam transformasi digital menjadi komitmen Ditjen SDPPI. yang sudah mendapatkan predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan menuju Wilayah Bersih dan Bebas Melayani (WBBM).

(Sumber/foto : Lisa, UPT Yogya)

Banner `Contact Center`
Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `eKinerja`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `IFaS Fest 2020`