Tingkatkan Produksi Dalam Negeri, Ditjen SDPPI Gandeng YPPTI

Kepala BBPPT Syaharuddin dan Ingrid Roswita Panjaitan didampingi Dirjen SDPPI Ismail dan Ketua YPPTI Djamhari Sirat dalam penandatanganan kerjasama pengembangan Radio Nelayan Nusantara, bertempat di Gedung BBPPT, Tapos Depok , Senin (08/05/2023),

Depok (SDPPI) – Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) ajak Yayasan Penelitian dan Pengembangan Telematika Indonesia (YPPTI) telah melakukan perjanjian kerja sama dalam rangka mewujudkan dukungan BBPPT kepada industri dalam negeri.

“Sebagaimana fungsinya, disamping melindungi masyarakat terhadap dampak buruk perangkat telekomunikasi untuk memastikan perangkat yang digunakan sesuai standar teknis, juga fungsi untuk bisa menggerakkan industri dalam negeri didalam mengembangkan produk-produk dalam negeri. “ucap Kepala Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi Syaharuddin pada kegiatan Penandatanganan PKS antara YPPTI – BBPPT, Senin (08/05/2023).

Ini merupakan bentuk kerja sama BBPPT bersama YPPTI untuk mengembangkan produk dalam negeri yaitu Radio Nelayan Nusantara. Karena selama ini nelayan menggunakan radio bersifat All Band sehingga sangat rawan terjadi penyalahgunaan atau gangguan bahkan bia menimbulkan gangguan terhadap dinas penerbangan yang dapat menimbulkan gangguan keselamatan jiwa manusia.

Sebagai informasi YPPTI (Yayasan Penelitian dan Pengembangan Telematika Indonesia) merupakan yayasan yang bergerak di bidang penelitian dan pengembangan telekomunikasi dan informatika di Indonesia. Sebelum adanya perjanjian keja sama ini, YPPTI meminta bantuan untuk menguji perangkat yang dikembangkan oleh YPPTI yaitu komunikasi nelayan yang disebut dengan RANN (Radio Nelayan Nusantara).

Dalam sambutannya Kepala BBPPT Syaharuddin juga menegaskan bahwa dalam rangka komitmennya untuk membantu mengembangkan produk dalam negeri juga melakukan kerjasama dengan 9 laboratorium swasta lainnya. “Hal ini dilakukan untuk uji banding, bimbingan teknis bersama-sama untuk bisa menciptakan metode pengujian yang lebih baik sehingga nanti laboratorium uji nantinya bisa memenuhi standar dan diakui secara internasional, Sehingga hasil pengujian laboratorium dalam negeri ini nantinya tidak akan perlu diuji lagi di luar negeri” jelasnya.

Dan juga BBPPT juga bekerjasama dengan Universitas, salah satunya Politeknik Negeri di Semarang dalam rangka riset terkait dengan perangkat telekomunikasi. “Ini untuk memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk melakukan penelitian didalam bidang telekomunikasi serta juga sharing mengenai bidang teknologi dengan universitas-universitas lainnya” tambahnya.

Kegiatan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara YPPTI – BBPPT tentang Pra Pengujian (Pre-Test) Perangkat Radio Nelayan Nusantara Dalam Rangka Mewujudkan Dukungan Kepada Industri Dalam Negeri diselenggarakan di Serune Kalee Hall, Gedung D, Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi, Tapos, Jawa Barat.

(Sumber/ Foto : Karin/Mukhsinun, Setditjen)

Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `SDPPI Digital Assitant`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `IFaS Fest 2024`