Siaran Pers No. 122/DJPT.1/KOMINFO/10/2006
Laporan Hasil Pelaksanaan Pemasukan Dokumen Penawaran Harga Dalam Rangka Proses Lelang Pembangunan dan Operasional Indonesia-Security Incident Responses Team On Internet Infrastructure (ID-SIRTII)


  1. Pada tanggal 31 Oktober 2006, bertempat di Ruang Rapat Lt. 13 Ditjen Postel telah berlangsung pertemuan pemasukan dokumen penawaran. Acara tersebut dipimpin langsung oleh Beriantho Herlambang selaku Ketua Panitia Pengadaan Barang dan Jasa Direktorat Telekomunikasi Ditjen Postel, dan dihadiri oleh Budi Santoso selaku Direktur Telekomunikasi Ditjen Postel yang sekaligus sebagai Pejabat Pembuat Komitmen Direktorat Telekomunikasi Ditjen Postel. Perwakilan para peserta (perusahaan) yang berhak untuk memasukkan dokumen penawaran harga semuanya hadir dalam acara tersebut, yaitu dari:


    1. PT. Esa Mandiri Tehnologi (Nilai evaluasi teknis: 82,76).
    2. PT. Sigma Cipta Caraka (81,92).
    3. PT. Dinamika Mandiri (81,28).
  2. Meskipun acara pembukaan ini berlangsung di Lantai 13 Ditjen Postel, namun sejumlah wartawan media cetak, elektronik dan on-line dapat menyaksikan secara langsung melalui dua perangkat televise plasma ukuran besar yang tersedia di Lantai 2 Ditjen Postel. Pola penayangan serupa secara langsung ini pernah dilakukan oleh Ditjen Postel pada bulan Pebruari 2006 ketika berlangsung pembukaan dokumen lelang 3G. Tujuan penayangan ini untuk menunjukkan keseriusan dan komitmen Ditjen Postel, bahwa lelang ID-SIRTII ini dilaksanakan secara transparan, obyektif dan dapat dipertanggung-jawabkan hasilnya secara legal. Hanya saja, satu hal yang membedakan pembukaan dokumen penawaran harga 3G dengan lelang ID-SIRTII ini adalah jika pada lelang 3G langsung dapat diketahui hasilnya on the spot pada saat itu kemungkinan pemenangnya, sedangkan pada lelang ID-SIRTII ini nantinya nilai penawaran harga masih akan dibobot dengan hasil evaluasi teknisnya, sehingga masih dibutuhkan hitungan hari (namun secepat mungkin) untuk segera dapat diketahui hasilnya. Kondisi ini dimaksudkan agar tidak ada jaminan bahwa peserta dengan penawaran harga terendah langsung dinyatakan sebagai pemenang, karena masih harus dilihat bobot evaluasi dari aspek lainnya. Aturan demikian ini sangat dimungkinkan dan mengacu pada Keppres No 80 Tahun 2003 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa.
  3. Sebagai informasi, pada awal pendaftarannya, jumlah peserta yang sampai dengan tanggal 18 Oktober 2006 jam 14:00 WIB telah mengambil dokumen penawaran (mendaftar) adalah sebanyak 24 peserta. Namun, akhirnya jumlah peserta (perusahaan) yang memasukan dokumen penawaran adalah sebanyak 10 perusahaan yaitu:
    1. PT. Sigma Cipta Caraka
    2. PT. Esa Mandiri Teknologi
    3. PT. Bhakti Wasantara Net
    4. PT. Lima Wira Wisesa
    5. PT. Dinamika Mandiri
    6. PT. Mitra Biz Andalan Solusi
    7. PT. Sistemindo Teknotama Mandiri
    8. PT. Aldy Berkah Sejahtera
    9. PT. Spektra Mitra Infotek
    10. PT. Vanilin Sari Kencana
  1. Pada tanggal 18 s/d. 19 Oktober 2006, Panitia Tender telah melakukan evaluasi administrasi dan teknis. Dari hasil evaluasi administrasi, semua peserta memenuhi persyaratan administrasi dan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku dilanjutkan dengan evaluasi teknis. Sedangkan dari hasil evaluasi teknis, telah diperoleh hasil yaitu peserta yang memenuhi nilai ambang batas minimal nilai teknis ( passing grade = 80% dari total nilai teknis) adalah seperti yang tersebut pada point 1 tersebut di atas. Sedangkan peserta yang lain tidak berhak mengikuti tahap pemasukan dokumen penawaran harga, karena tidak memenuhi nilai ambang batas minimal nilai teknis ( passing grade = 80% dari total nilai teknis).
  2. Pada saat pemasukan dokumen penawaran harga pada tanggal 31 Oktober 2006 ini, hasilnya adalah sebagai berikut:

No.

Peserta

Nilai Evaluasi Teknis

Harga Penawaran

1.

2.

3.

PT. Esa Mandiri Tehnologi

PT. Sigma Cipta Caraka

PT. Dinamika Mandiri

82,76

81,82

81,28

Rp 4.079.493.000,-

Rp 4.571.292.000,-

Rp 4.162.960.252,-

  1. Sebagaimana sudah disebut pada Siaran Pers Ditjen Postel No. 120/DJPT.1/KOMINFO/X/2006 tertanggal 25 Oktober 2006, peserta yang berhasil menyampaikan harga penawaran terendah tidak langsung otomatis ditetapkan sebagai pemenang tender ini, karena Panitia Tender masih membutuhkan waktu sekitar satu atau dua hari untuk melakukan evaluasi yang disesuaikan dengan hasil nilai evaluasi teknisnya. Sehingga diharapkan pada tanggal 2 November 2006 sudah dapat diketahui pemenangnya. Adapun tahap berikutnya adalah penyusunan kontrak dan diharapkan paling lambat diselesaikan pada pertengahan bulan November 2006, dan setelah itu hingga akhir Desember 2006 merupakan waktu yang tersedia bagi pemenang tender untuk melakukan pengadaan perangkat yang dimaksud, yaitu antara lain:


    1. Perangkat jaringan: switch, router, firewall, IPS dan lain-lain.
    2. Perangkat data centre: server, storage, electrical rack dan lain-lain.
    3. Perangkat pendukung operasional: PC, notebook, printer, fax dan lain-lain.
  2. Pada tahun depan (2007) direncanakan akan dilakukan pelaksanaan tender untuk pengembangan sistem ID-SIRTII danoutsourcing tenaga operasional ID-SIRTII.

Kepala Bagian Umum dan Humas,

Gatot S. Dewa Broto

HP: 0811898504

Email: gatot_b@postel.go.id

Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `SDPPI Digital Assitant`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `IFaS Fest 2023`