Seluruh Pegawai Ditjen SDPPI Wajib Isi e-SKP Tahun Ini

07-11-2017

Kabag Umum dan Kepegawaian Hasyim Fiater didampingi Kepala PDSI Rachmat Widayana dan Kabid Sistem dan Data Yessi Ferari, memimpin kegiatan sosialisasi penginputan E-SKP

Palembang (SDPPI) - Guna meningkatkan kinerja dan disiplin pegawai, Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kemkominfo mewajibkan seluruh pegawainya untuk segera menginput Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) ke aplikasi elektronik e-SKP mulai tahun ini.

Seluruh pegawai harus menginput realisasi capaian kinerja pada aplikasi e-SKP terhitung tahun 2017, dan pegawai yang tidak menjalankannya sampai batas waktu yang ditentukan akan dikenai hukuman disiplin sesuai ketentuan perundang-undangan yang mengatur disiplin PNS, kata Kabag Umum dan Kepegawaian Ditjen SDPPI Hasyim Fiater ketika membuka sosialisasi e-SKP di Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (7/11/2017).

Sosialisasi penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai berbasis elektronik (e-SKP) ini dikuti seluruh satuan kerja Ditjen SDPPI, termasuk perwakilan dari Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) dan 37 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Monitor Spektrum Frekuensi Radio Ditjen SDPPI dari seluruh Indonesia.

Hasyim Fiater menegaskan bahwa Ditjen SDPPI harus bisa segera menjalankan transisi dari SKP manual ke e-SKP dengan baik karena jika tidak maka akan ketinggalan dan pekerjaan yang sudah direalisasikan harus segera diinput dan diunggah sesuai ketentuan.

Hasyim Fiater menekankan kembali bahwa dalam rangka diberlakukannya pedoman Sekjen Kementerian Komunikasi dan Informatika Nomor 01 Tahun 2017 tentang Pedoman Penilaian Kinerja dan Perilaku Kerja Pegawai Kemenkominfo, maka seluruh satker di Ditjen SDPPI diwajibkan melaksanakan ketentuan yang diatur dalam pedoman tersebut.

Demikian juga dengan LH ASN, dimana yang selama ini baru diimplementasikan sebatas oleh pejabat Ditjen SDPPI, kedepannya diharapkan seluruh pegawai juga mengisi LH ASN.

Kepala Pusat Data dan Sarana Informatika (PDSI) Rachmat Widayana, dalam arahannya mengatakan bahwa e-SKP merupakan tool atau alat pengukur keberhasilan pegawai berbasis aplikasi online yang akan memudahkan pegawai dalam menuangkan semua kegiatan yang menjadi tolok ukur penilaian kinerja dalam melaksanakan tugasnya.

“Tidak seperti PNS jaman dahulu yang penilaiannya berdasarkan DP3, (yang) ukurannya nilai tidak boleh turun, dan sekarang sudah tidak akan dilihat lagi model penilaian seperti DP3,” katanya.

Dalam penilaian kinerja sebagaimana dicontohkan Rachmat Widayana, bahwa Ditjen SDPPI yang menghasilkan PNBP triliunan rupiah sudah seharusnya melakukan perubahan besar dalam pelayanan, seperti perizinan online (e-Licensing), yang sudah berjalan tiga tahun ini.

“Harus dipaksakan dan pemaksaan ada dua, yaitu pemaksaan dari sisi teknis dan kedua dari sisi habit (kebiasaan), untuk bisa melakukan perubahan dalam pelayanan kepada masyarakat dengan baik dan profesional,” kata Rachmat Widayana.

Sosialisasi penyusunan e-SKP ini berlangsung interaktif dengan dibukanya sesi tanya jawab guna meningkatkan pemahaman bagi seluruh peserta. Dalam sosialisasi ini turut hadir selaku narasumber Kabid Sistem dan Data PDSI Yessi Ferari dan Kasubag Kinerja Pegawai Biro Kepegawaian dan Organisasi Huriana Munthe.

Sosialisasi ini dihadiri 135 orang dari seluruh satker Ditjen SDPPI dan perwakilan 38 UPT seluruh wilayah Indonesia.

(Sumber/foto : Mukhsinun/Susanto)

Press Release

SIARAN PERS NO. 257/HM/KOMINFO/10/2018
05-10-2018

Pasokan Listrik Pulih, BTS Operator Seluler Telah Berfungsi 60%

114/HM/KOMINFO/05/2018
24-05-2018

Penjelasan Adanya Hoax Terkait Informasi Viral IMEI dan Cyber Crime Polri

65/HM/KOMINFO/02/2018
05-03-2018

Konsultasi Publik Rancangan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Me…

Around SDPPI

Belasan Pegawai dari 18 UPT Dilatih Analisa Gangguan Frekuensi
15-10-2018

Bogor (SDPPI) - Sebanyak 19 orang pengendali frekuensi dari 18 Unit Pelaksana Teknis (UPT)...

16 Pegawai Ditjen SDPPI Lulus Sertifikasi Bendahara Pengeluaran
13-10-2018

Jakarta (SDPPI) - Sebanyak 16 dari 25 pegawai Ditjen SDPPI, Kemkominfo dinyatakan berhak...

SDPPI Sosialisasikan Kebijakan Baru Post Border
12-10-2018

Bogor (SDPPI) - Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen...

Media Spotlight

Logo Kemkominfo

Beranda | Kominfo Portal | Email | Contact Us | Sitemap | Bahasa

© 2018 Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika