117 Nelayan Ikuti Pelatihan Sertifikasi Operator Radio di Muara Baru, Jakarta

Dodik Sudiyono, Kasubdit Sertifikasi Operator Radio, berbicara di depan 117 nelayan dalam kegiatan pelatihan sertifikasi radio bertempat di PPS Nizam Zachman Muara Baru, Jakarta (17/10/2019).

Muara Baru (SDPPI) - Sebanyak 117 Nelayan atau Awak Kapal Tangkap Ikan Indonesia mengikuti kegiatan Bimbingan dan Pelatihan Sertifikasi Operator Radio di PPS Nizam Zachman, Muara Baru – Jakarta pada Kamis (17/10/2019). Kegiatan Bimbingan Pelatihan dan Sertifikasi Operator Radio untuk Nelayan ini merupakan salah satu program utama dalam rangkaian Pilot Project Maritime on The Spot (MOTS) yang diluncurkan Ditjen SDPPI Kemkominfo sejak 2 September 2019 lalu.

Kepala Pelabuhan (Kalabuh) Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta, Rahmat Irawan yang membuka kegiatan ini menyambut baik insiatif Ditjen SDPPI memberi pembekalan bagi para nelayan agar tertib berkomunikasi di laut.

Kalabuh menyampaikan bahwa kapal ikan yang sandar di PPS Nizam Zachman berjumlah sekitar 1600 kapal berukuran rata-rata diatas 60 GT. Jumlah awak kapal bisa mencapai 20 orang dalam 1 kapal. Ini berarti sekitar hampir 32.000 awak kapal tangkap ikan yang memerlukan pembinaan dan pendidikan terkait tata cara berkomunikasi yang baik dan benar di atas kapal, guna lancarnya lalu lintas pelayaran serta mengurangi interferensi yang berpotensi membahayakan nyawa manusia.

“Kami berharap kegiatan ini dapat berjalan secara rutin minimal 2 minggu sekali, mengingat bahwa Sertifikat Operator Radio yang diterbitkan bagi Nelayan akan menjadi salah satu persyaratan wajib untuk penerbitan Surat Persetujuan Berlayar (SPB) atau Port Clearance yang diotorisasi oleh Kesyahbandaran Pelabuhan.”Lanjutnya.

Narasumber pembekalan nelayan pada Angkatan ke-I adalah Kasubdit Sertifikasi Operator Radio Ditjen SDPPI, Dodik Sudiyono yang memberikan materi Peraturan Radio serta praktek Tata Cara Komunikasi Marabahaya Kemaritiman dalam bentuk paparan serta praktek langsung. Acara dibuka terlebih dahulu dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, dan diselingi dengan ice breaking yang berupa games dan kuis berhadiah di akhir kegiatan yang berlangsung tidak lebih dari 2 jam.

(Sumber /foto :Sang Ayu,Direktorat Operasi/Fandi,Setditjen)

Banner `Contact Center`
Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `IFaS Fest 2019`
Banner `eKinerja`
Banner `Sistem Informasi Data Statistik`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `Infografis`