Siaran Pers No. 132/DJPT.1/KOMINFO/8/2007
Seleksi Penyelenggaraan Jaringan Tetap Sambungan Internasional Tetap On Schedule dan Dijamin Obyektivitasnya


Dirjen Postel Basuki Yusuf Iskandar yang didampingi dengan sejumlah pejabat Depkominfo dan BRTI pada tanggal 30 Agustus 2007 sore hari telah mengadakan pertemuan terbatas dengan sejumlah wartawan dari beberapa media cetak dan media on-line. Pertemuan ini semata-mata hanya merupakan laporan tingkat perkembangan dan kemajuan dari proses evaluasi dalam rangkaian seleksi penyelenggaraan jaringan tetap sambungan internasional. Sebagaimana diketahui, sampai dengan tanggal 29 Agustus 2007, Tim Seleksi telah menyelesaikan evaluasi terhadap dokumen seleksi yang telah diserahkan pada tanggal 23 Agustus 2007 yang lalu oleh 3 peserta seleksi, yaitu: PT Excelcomindo Pratama, PT Bakrie Telecom dan PT Natrindo Telefon Seluler.

Dirjen Postel dalam pertemuan tersebut intinya menyebutkan bahwa:

  1. Sejauh ini Tim Seleksi tetap on-schedule dalam menyelesaikan seleksi ini, yaitu bahwasanya pada tanggal 3 September 2007 akan disampaikan laporan hasil evaluasi oleh Dirjen Postel kepada Menteri Kominfo Moh. Nuh, kemudian pada tanggal 11 September 2007 berupa penetapan persetujuan pemenang oleh Menteri Kominfo, dan berikutnya pada tanggal 12 September 2007 Dirjen Postel selaku Ketua Tim Seleksi akan mengumumkan kepada publik tentang pemenang seleksi.
  2. Tim Seleksi berusaha tetap transparan dan mengutamakan obyektifivitas serta keterbukaan dalam proses seleksi ini, sebagaimana dibuktikan dengan diundangnya sejumlah wartawan dari berbagai media cetak, elektronik dan on-line pada saat acara Aanwijzing yang berlangsung pada tanggal 20 Juli 2007. Tidak ada agenda lain atau pilihan tertentu bagi Tim Seleksi dalam pengambilan keputusan nantinya untuk menentukan pemenangnya. Nantinya apapun keputusan seleksi ini merupakan hasil kerja bersama, sehingga bukan hasil kerja perseorangan tertentu.
  3. Terhadap beberapa pemberitaan yang terbuat pada tanggal 27, 28 dan 30 Agustus 2007 di beberapa media tertentu, telah diberikan respon penjelasan sebagai berikut:

    1. Tentang pemberitaan yang menyebutkan bahwa adanya sinyalemen oleh seorang anggota Tim Seleksi yang menyebutkan adanya dugaan anggota Tim Seleksi yang terindikasi memiliki hubungan dengan salah satu peserta seleksi, maka terhadap hal tersebut telah dikemukakan oleh Dirjen Postel bahwa masalah tersebut diselesaikan dengan adanya dokumen pakta integritas yang harus ditanda-tangani oleh seluruh anggota Tim Seleksi untuk tidak melakukan kolusi baik secara langsung maupun tidak langsung dan kesanggupan untuk tidak membocorkan rahasia dokumen yang konfidensial.
    2. Tentang pemberitaan yang menyebutkan bahwa "konon" nama pemenang seleksi sudah ada dikantong sebelum rapat evaluasi dilanjutkan menurut sumber salah satu anggota Tim Seleksi yang tidak mau disebutkan namanya, maka terhadap hal tersebut telah disampaikan kekecewaan dan keprihatinan Dirjen Postel karena selain informasi adanya nama pemenang sudah diketahui adalah tidak benar, juga menimbulkan fitnah tentang siapa-siapa saja yang sesungguhnya dianggap sumber berita tersebut.
    3. Tentang pemberitaan yang menyebutkan bahwa Menteri Kominfo telah melakukan intervensi dalam seleksi tersebut, maka terhadap hal tersebut Dirjen Postel telah mengatakan, bahwa Menteri Kominfo sama sekali tidak pernah dan tidak akan melakukan intervensi, karena sejauh yang dilakukan adalah berupa konsultasi bersama, sebagai suatu hal yang wajar untuk mengetahui tingkat perkembangan seleksi tersebut baik karena adanya permasalahan atau tidak.

Dengan adanya pertemuan ini diharapkan berbagai hal pemberitaan yang dianggap penuh nuansa sensitif dan kontroversial telah dapat dijernihkan bersama sehingga dapat tetap menjaga sikap dan jaminan, bahwa Tim Seleksi ini memang sangat bersungguh-sungguh dalam proses evaluasi, sebagaimana kisah sukses keterbukaan dan transparansi Ditjen Postel telah dibuktikan sebelum ini dalam proses tender layanan 3G. Sekedar untuk diketahui, anggota Tim Seleksi ini cukup banyak dan demikian pula dengan komponen penilaian yang harus dievaluasi, sehingga tidak mungkin hanya mengandalkan satu atau beberapa unsur atau komponen penilaian saja untuk menentukan calon pemenang. Dalam kesempatan yang baik melalui Siaran Pers ini Ditjen Postel justru mengucapkan terima kasih kepada para wartawan yang dengan setia dan sangat kritis turut serta mengkritisi proses berlangsungnya proses seleksi. Bagaimanapun juga keterlibatan para wartawan ini turut andil secara kritis konstruktif dalam memuat pemberitaan seekstrem dan seburuk apapun guna menjaga tradisi keterbukaan dan transparansi Ditjen Postel dalam merencanakan pengambilan kebijakan dan peraturan apapun saja yang terkait dengan bidang pos dan telekomunikasi dalam kurun waktu khususnya dua tahun terakhir ini. Kesemuanya ini semata-mata untuk menunjukkan pada publik, bahwa Ditjen Postel tetap terbuka terhadap berbagai kritik apapun bentuknya sejauh untuk kepentingan perbaikan kualitas dan kuantitas kebijakan dan regulasinya .

Kepala Bagian Umum dan Humas,

Gatot S. Dewa Broto

HP: 0811898504

Email: gatot_b@postel.go.id

Tel/Fax: 021.3860766

Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `SDPPI Digital Assitant`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `IFaS Fest 2023`