Amatir Radio Sangihe Adalah Penjaga NKRI

Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Maando menyelenggarakan Ujian  Negara Amatir Radio berbasis Komputer ( Computer Assisted Tes/CAT), Manado (8/2/2020). Kegiatan ini merupakan kali kedua diselenggarkanan  setelah sebelumnya diselenggarakan pada bulan Januari lalu.

Manado (SDPPI) – Amatir radio di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, harus diperkuat, mengingat mereka bukan sekadar cadangan telekomunikasi nasional, melainkan juga sebagai penjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Demikian disampaikan Kepala Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Manado Syamsul Huda kepada para peserta Ujian Negara Amatir Radio berbasis Computer Assisted Test (UNAR CAT), Sabtu (8/2/2020), di Politeknik Negeri Nusa Utara Tahuna.

Amatir radio di Kepulauan Sangihe perlu mendapat perhatian dan diperkuat keberadaannya, baik teknologi yang digunakan, maupun standar komunikasinya,” kata Kepala Balmon Manado.

Pentingnya amatir radio di Kepulauan Sangihe ini mengingat kabupaten ini melingkupi 26 pulau dari 105 gugusan kepulauan di provinsi paling utara tersebut. Secara geografis, Kabupaten Kepulauan Sangihe berada di bibir Samudera Pasifik dan terletak di antara Pulau Sulawesi dan Pulau Mindanao (Filipina).

“Jaringan komunikasi yang dimiliki amatir radio dapat berperan sebagai penyambung antarpulau melengkapi jaringan telekomunikasi mainstream yang telah disediakan oleh operator selular, jelas Syamsul Huda.

Ia berharap penyelenggaraan amatir radio dapat memperbanyak kegiatan Hamfest, Field Day, DX Ing/DX Pedition dan Islands on the Air (IOTA). “Tujuannya untuk memperkenalkan dan mempromosikan pulau yang menarik di Sulawesi Utara kepada dunia internasional melalui komunikasi radio,” katanya.

Ujian reguler di Kepulauan Sangihe ini adalah pelaksanaan kedua dari rencana 12 kali UNAR CAT yang akan digelar Balmon Manado sepanjang 2020. Dari 20 peserta tingkat siaga dan penggalang, umumnya menyatakan puas atas penyelenggaraan UNAR CAT. Selain proses ujian lebih cepat, selesai mengerjakan soal peserta langsung dapat mengetahui hasilnya.

Izin Amatir Radio (IAR) juga sudah bisa langsung diterbitkan, ungkap Muhammad Bin Jindan, satu peserta ujian, mengungkapkan kepuasannya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua ORARI Lokal Kabupaten Kepulauan Sangihe Ferdy Panca Sinedu berharap adanya bantuan repeater untuk memperluas coverage area. “Supaya dapat menjangkau seluruh anggota amatir radio di wilayah ini,” kata pemilik callsign YB 8 SPD, yang juga anggota DPRD Kabupaten Kepulaun Sangihe.

Sumber/ foto : Kasno, Balmon Manado

Banner `Contact Center`
Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `IFaS Fest 2019`
Banner `eKinerja`
Banner `Sistem Informasi Data Statistik`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `Infografis`