Balmon Padang Terapkan SOP UNAR CAT New Normal

Peserta UNAR CAT berpose bersama di ruang ujian yang bertempat di Laboratorium  Komputer SMAN 1 Ampek Angkek Kabupaten Agam pada Minggu (14/06/2020).

Agam (SDPPI) - Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio (SFR) Kelas II Padang menerapkan Standar Operasi dan Prosedur (SOP) pelaksanaan Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) Non Reguler berbasis Computer Assisted Test (CAT).

“Awalnya akan dilaksanakan pada April 2020, tetapi ditunda dikarenakan Pandemi Covid-19. Namun, melihat besarnya animo masyarakat penggiat amatir radio, UNAR CAT bisa dilaksanakan Juni ini dengan mematuhi Protokol Kesehatan,” jelas Kepala Balmon Padang Zainullah Manan, Minggu (14/6/2020), di sela-sela ujian yang memanfaatkan tiga ruangan Laboratorium Komputer SMAN 1 Ampek Angkek Kabupaten Agam.

SOP pelaksanaan UNAR CAT berdasarkan Protokol Kesehatan Covis-19 dituliskan dalam spanduk yang dipajang pada pintu masuk utama lokasi ujian. Spanduk tersebut bertuliskan:

SOP Pelaksanaan UNAR

  • Panitia dan Peserta ujian wajib memakai masker selama pelaksanaan ujian
  • Usahakan untuk selalu menjaga jarak, tidak berjabat tangan, tidak berkerumun
  • Ikuti antrean pada saat registrasi sesuai petunjuk yang ada
  • Cuci tangan dengan sabun pada tempat yang telah disediakan

Sebelum memasuki areal ujian, setiap peserta dan panitia diwajibkan memakai masker, pengecekan suhu tubuh, cuci tangan, dan jaga jarak. Ruang ujian ditata agar antara peserta ada jarak 1 hingga 2 meter.

Lalu, jumlah peserta dibatasi dengan hanya mengisi setengah dari kapasitas ruangan. Sedangkan saat menunggu giliran ujian, peserta ditempatkan di ruang tunggu yang jaraknya juga diatur agar tidak terjadi kontak langsung antar mereka.

“Pelaksanaan UNAR CAT menerapkan sistem shift, sehingga bagi mereka yang sudah selesai ujian, diharuskan meninggalkan lokasi sebelum peserta berikutnya masuk,” jelas Zainullah.

UNAR CAT Balmon Padang di Kota Agam ini diikuti 134 peserta dengan rincian 100 Tingkat Siaga, 31 Penggalang, dan tiga Penegak.

Sumber/Foto: Zainullah Manan/UPT Padang

Banner `Contact Center`
Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `eKinerja`
Banner `SDPPI Maps`