Direktur Standardisasi PPI : Berinovasi, Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika Mulyadi memberi arahan terkait progres pembangunan ZI menuju WBBK di internal Direktoratnya, Depok (11/05/2023).

Depok (SDPPI) – Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) terus lakukan inovasi dan lakukan perbaikan sistem pelayanan kepada publik.

“Kita mencoba melakukan Survei Indeks Kepuasan Masyarakat dan pada tahun ini kita telah merencanakan untuk melakukan survei per-triwulan. Pada triwulan pertama, Direktorat Standardisasi melakukan survei mandiri dan mendapatkan nilai yang sangat baik yaitu 3,74” ucap Direktur Standardisasi PPI Mulyadi, Kamis (11/05/2023).

Melakukan perbaikan sistem pelayanan pada masyarakat atau publik, dimana kita diminta untuk terus memberikan inovasi. “Terdapat beberapa inovasi yang sedang dibangun oleh Direktorat Standardisasi PPI, salah satunya adalah peningkatan dari aplikasi E-Sertifikasi, mencoba merencanakan SOP pelayanan publik, membuat chatbot untuk sertifikasi” jelasnya.

Dan juga, Lanjut Mulyadi, Peningkatan branding yang dilakukan oleh Direktorat Standardisasi melalui media sosial, penguatan budaya pelayanan prima dan pola pikir pegawai sesuai dengan nilai-nilai Kementerian Kominfo, melakukan sharing session Zona Integritas kepada tim kerja lain, serta penguatan agen perubahan.

“Ini semua telah kami lakukan sebagai bentuk komitmen kita kepada masyarakat khususnya kepada stakeholder Kominfo sekaligus untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang kita berikan”, sambung Mulyadi.

Adapun beberapa hal yang sedang kita kembangkan yaitu layanan E-Sertifikasi dengan pengembangan next generation nya serta aplikasi-aplikasi pendukungnya. “Salah satu fitur terbaru dari layanan ini adalah integrasi dengan aplikasi Simponi yang dimiliki oleh Kementerian Keuangan. Dengan aplikasi baru ini, pemohon sertifikasi itu dapat melakukan pembayaran di E-Sertifikasi melalui 84 kanal pembayaran Bank. Inovasi lainnya adalah aplikasi E-Sertifikasi yang lebih user friendly dan terdapat fitur dual language” tambahnya.

Terkait dengan predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Direktorat Standardisasi PPI cukup optimis bisa memenuhi segala aspek yang menjadi syarat atau kriteria yang menjadi syarat yang diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birkorasi (KemenPANRB). “kita memiliki semangat yang tinggi dan integritas yang baik dan saya yakin kita telah melakukan semaksimal mungkin” tegas Direktur Standardisasi PPI Mulyadi.

(Sumber/ Foto : Afifah/ Fandi R/ Nita, Setditjen)

Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `SDPPI Digital Assitant`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `IFaS Fest 2023`