Radio Research Agency Korsel dan Ditjen SDPPI Jajaki Kerjasama di Bidang Penilaian Kesesuaian Perangkat Telekomunikasi

Dirjen SDPPI,  Dr Ismail (tengah) didampingi oleh Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika Mulyadi, ST, MT (kiri) saat menerima kunjungan Dirjen Communication Conformity Asessement Center (CCAC) Radio Research Agency (RRA) Korea Dr. Samyoung Chung (kanan).  Selasa (24/5/2022)

Bekasi (SDPPI)- Korea Selatan (Korsel) tengah menyiapkan tenaga ahli mereka guna membantu mengembangkan kebijakan bidang penilaian kesesuaian (conformity assessment) perangkat telekomunikasi dan standardisasi TIK secara umum.

Hal tersebut mengemuka sebagai rencana tindak lanjut dari rencana kerja sama World Friends Korea Advisors Program (WFK) yang diawali dengan kunjungan audiensi Dirjen Communication Conformity Asessement Center (CCAC) Radio Research Agency (RRA) Korea Dr. Samyoung Chung ke Dirjen SDPPI, Dr Ismail, Selasa (24/5/2022).

Dalam sambutannya, Dirjen SDPPI menyambut baik kunjungan Dr Samyoung Chung dan menyampaikan perlunya peran advisor WFK nantinya menjembatani industri Korea dalam berinvestasi mengembangkan kandungan lokal 5G di Indonesia. Dirjen Ismail juga meminta kontribusi advisor dalam memberikan masukan terkait pengembangan ekosistem 5G berdasar lesson learnt dari use cases dan pemanfaatan 5G di Korea.

Sehari sebelumnya, Dr Samyoung Chung melakukan kunjungan kerja ke Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) dan Laboratorium Sucofindo di Cibitung, Bekasi Timur.

“Sebagai tindak lanjut rencana program kerja sama WFK, dimana ini merupakan langkah awal penjajakan kerja sama melalui kunjungan ke beberapa laboratorium pengujian perangkat telekomunikasi yang ada di Indonesia. Observasi ini akan mengarah sebagai pertimbangan dan pembekalan untuk expert yang akan ditempatkan di Ditjen SDPPI Kemkominfo sebagai advisor/konsultan,” ujar Nur Akbar Said, Ketua Tim Kerja Harmonisasi Standar dari Direktorat Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika Senin (23/5/2022).

Saat kunjungan di BBPPT, dalam sambutannya, Kepala BBPPT, Tony Tovik Hidayat menyampaikan fokus mereka pada fasilitas laboratorium pengujian dan kalibrasi. “Agenda hari ini juga akan membahas dan menguraikan deskripsi pekerjaan yang kami lakukan dan dapat kita lihat bersama melalui lab tour nanti,” ujarnya.

Kehadiran Dr Samyoung Chung kali ini merupakan tindak lanjut rencana kerjasama antara Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam hal ini Ditjen SDPPI dan CCAC RRA Korea.

Agenda dilanjutkan dengan pemaparan kegiatan dan fasilitas pengujian yang dimiliki BBPPT, termasuk penjelasan terkait peralatan pengujian kalibrasi yang ada di setiap ruangan laboratorium dan pemaparan mengenai standardisasi dan sertifikasi perangkat telekomunikasi dilakukan di Korea oleh Dr. Samyoung Chung. Kegiatan dilanjutkan dengan melihat ruangan pengujian laboratorium yang dimiliki BBPPT.

Kunjungan kemudian dilanjutkan ke Laboratorium Sucofindo. Kepala SBU Laboratorium Sucofindo Dani Pramantyo menyambut baik kunjungan tersebut. Acara kunjungan fasilitas pengujian SBU Sucofindo dipandu oleh Fitry Muhamady, Senior Manajer, dan Ause Perthiana, Kepala Bagian Penjualan dan Pelayanan Pelanggan.

Sumber/Foto: Alifa/Mukhsinun

Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `eKinerja`
Banner `SDPPI Digital Assitant`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `IFaS Fest 2022`
Banner `IFaS Fest 2022`