Siaran Pers No. 105/DJPT.1/KOMINFO/7/2007
Pengumuman Calon Pemenang Hasil Pelelangan Umum Kegiatan Outsourcing Pelaksana (SDM) Indonesia-Security Incident Responses Team On Internet Infrastructure (ID-SIRTII)


Panitia Lelang (Panitia Pengadaan Barang dan Jasa) Direktorat Telekomunikasi Ditjen Postel pada tanggal 12 Juli 2007 akhirnya menetapkan PT. Nuansa Citra Ramantha sebagai calon pemenang dalam pelelangan umum kegiatan outsourcing pelaksana (SDM) untuk ID-SIRTII, yang mendapatkan nilai maksimal 100 setelah mengungguli PT. Multisoek mendapatkan nilai 87.01 pada saat evaluasi teknis dan biaya. Sebagaimana diketahui, pada tanggal 4 Juli 2007 Panitia Lelang telah melaksanakan pembukaan dokumen penawaran administrasi dan teknis (Sampul 1). Acara yang bersifat terbuka ini namun hanya diikuti oleh 3 perusahaan yang telah menyatakan diri untuk mengikuti lelang ini, yaitu PT Altelindo Karyamandiri, PT Nuansa Citra Ramantha dan PT Multisoek. Keikut-sertaan 3 perusahaan ini telah mengalami pengurangan dari semula adanya 9 perusahaan yang telah mendaftarkan diri untuk turut mengikuti pelelangan umum ini, yaitu: PT. Altelindo, PT. Solusi Plus, PT. Sumberdaya Dian Mandiri, PT. Multisoek, PT. Uni System Utama, PT. Nuansa Citra Ramantha, PT. Elnusa Telematika, PT. Evantama Network System dan PT. Tri Usahamas Infopratama. Dari 9 perusahaan tersebut, terdapat 2 perusahaan yang mengundurkan diri, yaitu: PT. Unisystem Utama dan PT. Evantama Network System. Sehingga karena hanya 3 perusahaan tersebut yang menyampaikan dokumen penawaran pada tanggal 4 Juli 2007 tersebut di atas, maka hanya mereka itulah yang akhirnya diperiksa kelengkapan dokumennya untuk tahap evaluasi administrasi, teknis dan biaya.

Dalam evaluasi administrasi terdapat 1 perusahaan yang terpaksa dinyatakan tidak lulus administrasi yaitu PT. Altelindo Karyamandiri, sedangkan dua yang lain (PT. Nuansa Citra Ramantha dan PT. Multisoek) dinyatakan lulus administrasi. Selanjutnya, sesuai dengan Keputusan Presiden No. 80 Tahun 2003 tantang Pedoman Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dinyatakan antara lain, bahwa yang telah dinyatakan lulus administrasi dapat berhak mengikuti penilaian teknis. Dari hasil penilaian teknis ini, ternyata PT. Nuansa Citra Ramantha mendapatkan nilai 85,38 sedangkan PT. Multisoek mendapatkan nilai 70,4. Dalam perkembangan berikutnya, Panitia Lelang pada tanggal 12 Juli 2007 dimulai jam 14:00 WIB telah melaksanakan rapat pembukaan penawaran biaya yang disaksikan perwakilan dari masing-masing perusahaan. Hasil pembukaan dokumen penawaran biaya adalah PT. Nuansa Citra Ramantha menyampaikan pemenawaran sebesar Rp. 1.256.461.250,- dan PT. Multisoek sebesar Rp. 1.290.190.000,-. Dari hasil evaluasi penawaran biaya, PT. Nuansa Citra Ramantha mendapatkan nilai 30,00 dan PT. Multisoek 29.22. Kemudian hasil evaluasi teknis dan biaya tersebut dikombinasikan, sehingga nilai akhir PT. Nuansa Citra Ramantha adalah 100 dan PT. Multisoek mendapatkan nilai 87.01.

Panitia Lelang selanjutnya akan menyusun usulan penetapan pemenang kepada Direktur Telekomunikasi selaku Pejabat Pembuat Komitmen Direktorat Telekomunikasi untuk dapat ditetapkan sebagai pemenang. Untuk itu, kepada perusahaan yang dinyatakan sebagai pemenang, sesuai dengan dokumen lelang, selambat-lambatnya dalam waktu 14 hari kerja sejak diterbitkan SPMK, maka seluruh SDM yang ditawarkan kepada Ditjen Postel akan dilaksanakan test wawancara untuk melihat kompetensi dan integritas kepada ID-SIRTII, yang mekanisme dan materi wawancaranya akan disusun dan dilakukan oleh Tim Penilai yang ditunjuk oleh Dirjen Postel.

Untuk sekedar diketahui, berdasarkan Peraturan Menteri Kominfo No. 26/PER/M.KOMINFO/5/2007 tertanggal 4 Mei 2007 tentang Pengamanan Pemanfaatan Jaringan Telekomunikasi Berbasis Protokol Internet, telah disebutkan pada Pasal 8 Ayat (2), bahwa Pelaksana Tim ID-SIRTII terdiri dari 2 kelompok yaitu Kelompok Pimpinan Pelaksana/Koordinator ID-SIRTII dan Kelompok Teknis Pelaksana ID-SIRTII. Lebih lanjut disebutkan, bahwa Kelompok Pimpinan Pelaksana/Koordinator ID-SIRTII tersebut ditetapkan melalui seleksi, sedangkan penugasan pihak ketiga untuk Kelompok Teknis Pelaksana ID-SIRTII ditetapkan melalui pelelangan umum, dimana baik seleksi maupun pelelangan umum tersebut harus dilakukan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sebagai tindak lanjut dari ketentuan-ketentuan tersebut, pada tahun 2007 ini Ditjen Postel akan melaksanakan 2 kegiatan, yaitu pertama berupa pelaksanaan seleksi Pimpinan/Koordinator ID-SIRTII (Ketua dan Wakil Ketua) dan yang kedua berupa pelaksanaan pelelangan umum pengadaan SDM untuk Kelompok Teknis.

Pengumuman pelelangan pengadaan SDM untuk kolompok teknis pelaksana ID-SIRTII dengan nilai sekitar Rp 1.668.350.000,- telah dilakukan pada tanggal 19 Juni 2007 yang dipublikasikan di Media Indonesia, dengan judul proses pelelangan pengadaan pelaksana ID-SIRTII di Ditjen Postel. Pengumuman di suatu media cetak nasional tertentu tersebut telah menjadi suatu kewajiban sebagaimana telah diatur sesuai dengan ketentuan yang berlaku mengenai pengadaan barang jasa di lingkungan instansi pemerintah. Melalui pelelangan umum ini, Ditjen Postel akan mencari perusahaan yang mampu menyediakan SDM yang handal yang akan ditempatkan dalam penanganan ID-SIRTII.

Dalam waktu dekat ini (sambil menunggu penyelesaian masalah aministrasi), Ditjen Postel juga akan melakukan seleksi terhadap pimpinan ID-SIRTII (Ketua dan Wakil Ketua). Melalui seleksi umum ini, Ditjen Postel akan mencari profesional yang mampu, berkompeten dan memiliki integritas tinggi untuk duduk sebagai Ketua dan atau Wakil Ketua ID-SIRTII. Sampai saat ini Ditjen Postel telah mempersiapkan kepanitian yang duduk dalam anggota tim seleksi yaitu wakil dari Depkominfo, Ditjen Postel, POLRI, Kejaksaan, PPATK, Mastel, APJII dan AWARI. Untuk meningkatkan integritas personil yang akan dipilih, Tim Seleksi rencananya akan dibantu oleh Konsultan Jasa Psikologi Dr. Sarlito Wirawan & Rekan. Ditjen Postel menjamin bahwa proses pelelangan umum untuk pengadaan SDM kelompok Teknis ID-SIRTII dan seleksi untuk memilih Pimpinan ID-SIRTII (Ketua dan Wakil) dilaksanakan secara transparan tanpa dipungut biaya. Pemilihan pimpinan ID-SIRTII ini diperkirakan akan berlangsung pada sekitar bulan Agustus 2007, yang pola seleksinya akan dilakukan seperti yang pernah dilakukan terhadap para calon anggota KRT-BRTI dari unsur-unsur masyarakat umum pada bulan Desember 2005 yang lalu . Tim Seleksi yang terdiri dari berbagai instansi ini akan memilih pimpinan ID-SIRTII untuk (menurut rencana) masa kerja 3 tahun, sebagaimana disebutkan pada Pasal 13 Ayat (1) Peraturan Menteri Kominfo No. 26/PER/M.KOMINFO/5/2007 yang menyebutkan, bahwa masa kerja Kelompok Pimpinan Pelaksana/Koordinator ID-SIRTII selain Sekretaris selama 3 tahun dan dapast diangkat kembali untuk 1 kali masa kerja. Sedangkan untuk kelompok teknis pelaksana ID-SIRTII seperti yang dimenangkan lelangnya oleh PT. Nuansa Citra Ramantha ini hanya bekerja untuk satu tahun anggaran, dan kemudian dilakukan pelelangan kembali. Pengumuman untuk seleksi pimpinan ID-SIRTII ini akan dilakukan secepat mungkin secara terbuka, sebagaimana kegiatan sosialisasinyapun juga terus dilakukan secara intensif.

Kepala Bagian Umum dan Humas,

Gatot S. Dewa Broto

HP: 0811898504

Email: gatot_b@postel.go.id

Tel/Fax: 021.3860766

Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `SDPPI Digital Assitant`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `IFaS Fest 2023`