Siaran Pers No. 128/DJPT.1/KOMINFO/8/2007
Pelelangan Umum Pengadaan Perangkat Pengembangan Sistem ID-SIRTII (Indonesia-Security Incident Responses Team on Internet Infrastructure) Senilai Rp 12.500.000.000,-


Searah dengan sedang berlangsungya seleksi tahap kedua Calon Pimpinan ID-SIRTII yang berlangsung pada tanggal 22 s/d. 24 Agustus 2007 di Hotel Sari Pacific Jakarta, pada hari ini tanggal 22 Agustus 2007 Ditjen Postel kembali melanjutkan pelelangan umum untuk pengadaan perangkat keras ID-SIRTII. Pengumuman tersebut dapat juga diketahui di Harian Media Indonesia yang terbit pada hari ini. Pendaftaran dan pengambilan dokumennya dapat dilakukan pada tanggal 22 Agustus s/d. 4 September 2007 pada jam 08.00 s/d. 14.00 WIB di Direktorat Telekomunikasi, Ditjen Postel, Jl. Medan Merdeka Barat 17 Jakarta. Untuk hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan pada Panitia pada saat pendaftaran. Secara umum, pengumuman tersebut menyebutkan, bahwa kegiatan pekerjaan pelelangan umum ini adalah pengembangan sistem ID-SIRTII (perkiraan nilai Rp 12.500.000.000,-). Persyaratan bagi yang berminat untuk mengikuti pelelangan ini adalah sebagai berikut:

  1. Pendaftaran dilakukan oleh Direktur/Pimpinan Badan Usaha atau dikuasakan kepada orang yang namanya tercantum dalam Akte Pendirian Perusahaan.
  2. Menunjukkan Akte Pendirian Perusahaan dan perubahan terakhirnya asli dan menyerahkan foto copinya.
  3. Menunjukkan SIUP asli dan menyerahkan copinya.
  4. Menunjukkan NPWP asli dan menyerahkan copinya.
  5. Bersedia menanda-tangani Pakta Integritas pada saat Pendaftaran dan Pengambilan Dokumen.

Pengadaan perangkat keras untuk ID-SIRTII ini merupakan pengadaan tahap kedua, khususnya untuk pengembangan sistem, karena pada bulan Oktober dan November 2006 yang lalu, Ditjen Postel juga telah mengadakan kegiatan pelelangan untuk tahap pertama dengan nilai kegiatan sebesar Rp 4.079.493.000,- yang dimenangkan oleh PT Esa Mandiri Tehnologi (yang diumumkan secara resmi pada tanggal 2 November 2006) setelah berhasil memperoleh nilai lebih dibanding dua pesaingnya yang lain, yaitu: PT Sigma Cipta Caraka dan PT Dinamika Mandiri (dari semula yang sempat mendaftarkan adalah sebanyak 24 perusahaan dan kemudian pada saat penyerahan dokumen telah mengkerucut menjadi 10 perusahaan) setelah melalui proses pelelangan yang sangat transparan, terbuka dan obyektif, yang bahkan dalam acara pembukaan penawaran harganya telah dapat disaksikan secara langsung oleh para wartawan melalui media televisi layar lebar via CCTV yang dihubungkan secara on-line.

Jika pada pengadaan terdahulu lebih terkonsentasi pada pengadaan perangkat jaringan (switch, router, firewall, IPS dan lain-lain), perangkat data centre (server, storage, electrical rack dan lain-lain) dan perangkat pendukung operasional (PC-notebook, printer, fax dan lain-lain), maka pada pengadaan ini adalah selain untuk menambah pengadaan perangkat yang sudah ada, juga untuk perangkat yang berfungsi untuk dapat melakukan pemantauan secara diri terhadap kemungkinan pelanggaran atau penyalah gunaan internet dan juga untuk pemantauan terhadap trafik internet (bukan konten trafiknya). Secara keseluruhan, perangkat yang akan diadakan untuk pelelangan ini adalah sebagai berikut:

  1. System devices
    1. Port Mirror Switch Aggregation
    2. TAP Devices
    3. Collector/Sensor
    4. Central Management System
  2. Operational devices
    1. Server (Development Test and NTP Server)
    2. PC Desktop
    3. UPS Desktop
    4. Multipurpose Printer
    5. Scanner
    6. Penghancur Dokumen
    7. Hard Drive for SAN
    8. Monitor LCD 17 Inch
    9. Keyboard and Mouse
    10. KVM Switch 8 port
    11. Kabel KVM Switch
  3. Network devices
    1. WLAN AP
    2. IP PBX
    3. IP Phone
    4. VoIP to PSTN Gateway
    5. Close Rack 19" 15 U
    6. Switch NAP Aggregation
    7. Cisco 1000BASE-T SFP MODULE
  4. Cabling system
    1. Horizontal
    2. Veryical
  5. Software

Dengan diumumkannya kegiatan ini sebagai bagian dari kesiapan menuju pelaksanaan pengamanan pemanfaatan jaringan telekomunikasi berbasis protokol internet di Indonesia, maka sudah berlangsung 3 kegiatan yang terkait dengan ID-SIRTII, yaitu pelelangan pengadaan perangkat tahap pertama, pelelangan outsourcing SDM pelaksana ID-SIRTII dan kini masih berlangsung seleksi calon pimpinan ID-SIRTII.

Kepala Bagian Umum dan Humas,

Gatot S. Dewa Broto,

HP: 0811898504

Email: gatot_b@postel.go.id

Tel/Fax: 021.3860766

Banner `Layanan Ditjen SDPPI`
Banner `SDPPI Digital Assitant`
Banner `SDPPI Maps`
Banner `IFaS Fest 2023`